demonstrasi kontekstual modul 3.2 ' pemimpin dalam pengelolaan sumber daya'
Demonstrasi kontekstual
Tugas modul 3.2.a.7
"Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya"
Oleh : kadek suprapto
Cgp kabupaten parigi moutong angkatan 1
Setelah saya mempelajari pembahasan pada materi di modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya banyak hal baru yang saya dapatkan pengetahuan saya semakin diperkuat oleh beberapa pemahaman bagaimana menjadi seorang pemimpin yang menyadari bahwa betapa pentingnya sumber daya yang dimiliki oleh sebuah sekolah yang jika dikelola dengan baik dan bijak maka akan menjadi sebuah aset terbesar guna berperan memajukan sekolah itu sendiri.
Pengembangan komunitas berbasis aset adalah merupakan strategi atau langkah yang sangat efektif dan relevan yang dapat dikembangkan dalam sebuah komunitas sekolah dimana strategi ini memadukan dua kekuatan yang bersumber dari kekuatan sumber daya manusia (biotik) dan kekuatan yang bersumber dari lingkungan fisik (abiotik). Jika kedua kekuatan ini dipadukan maka akan dapat dijadikan sebuah dasar dalam mengelola sebuah komunitas sekolah agar dapat berkembang dan memiliki nilai keunikan tersendiri.
Apa yang kami kuasai?
Sekolah kami terletak disebuah desa yang padat penduduk yang berdiri sejak tahun 1980 yang hingga kini masih eksis berdiri. Selama kurun waktu dan beberapa dekade tersebut sekolah kami telah banyak menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Begitu pula dari kondisi guru-guru yang mengajar selama kurun waktu yang berjalan tingkat kualifikasi yang dimiliki oleh guru-guru mulai dari SPG sampai sekarang yang kini semuanya sudah memiliki kualifikasi pendidikan S1. Sudah banyak prestasi yang kami raih selama dalam masa beberapa dekade ini yang diperoleh melalui lomba dan prestasi murid. sebagai sekolah yang pertama berdiri di daerah kami tepatnya di desa yang kami tinggali tentunya jika menapak tilas kembali hal-hal yang positif yang pernah kami buat dan sebagai kontribusi kami dalam bidang kemajuan pendidikan ditempat kami sudah banyak yang kami berikan. Apa saja yang kami kuasai selama ini bukan sesuatu yang luar biasa kami tidak memiliki kemampuan yang terlalu muluk dan besar namun dalam perihal kemajuan prestasi dan proses pembelajaran bagi murid, kami mampu melakukannya. bukan sesuatu yang mustahil bagi kami dapat memberi sumbangsih dan dapat memberi yang terbaik bagi kemajuan pendidikan ditempat kami.
Apa yang kami paling banggakan dari sekolah ini? Dan murid-murid kami?
Bila melihat kembali seluruh perjalanan proses pembelajaran disekolah kami yang menjadi bagian penting sebuah institusi pendidikan ditempat kami ada suatu kebanggaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya patut kami berikan bagi keberadaan dan kontribusi yang pernah diberikan sekolah kepada masyarakat lokal di daerah kami. Banyak lulusan dari sekolah kami kini sudah sukses dan menggapai masa depan mereka. Yang paling kami banggakan dari sekolah ini adalah dengan diperolehnya banyak prestasi murid yang selama ini baik berupa prestasi lomba maupun prestasi akademik meski itu hanya sebatas prestasi tingkat lokal namun pencapaian-pencapaian itu menjadi sesuatu yang membanggakan bagi kami. Dan kamipun bangga terhadap murid-murid kami karena dapat menjadi bagian komunitas sekolah yang mampu menampilkan jati diri mereka dan turut serta dalam menentukan kualitas sumber daya yang dimiliki oleh sekolah kami.
Apa yang membuat kami unik?
Sebagai lembaga pendidikan yang menjadi bagian masyarakat lokal di desa kami bersama juga dengan beberapa sekolah yang ada dari berbagai jenjang yang sama. Kami memiliki karakter yang tentunya mungkin sama dengan yang di miliki oleh sekolah yang lain namun mungkin juga ada yang unik yang hanya ada disekolah kami. Keunikan yang dimiliki oleh sekolah kami adalah dari segi kemajemukan guru dan murid yang membuat sekolah kami terlihat heterogen. Baik dari guru tenaga kependidikan maupun kemajemukan murid kami. Meski letak sekolah kami berada dikawasan pemukiman yang mayoritas penduduknya berasal dari suku jawa namun pada kenyataannya guru dan murid disekolah kami berasal dari berbagai etnis dan suku yang berbeda.
Kekuatan yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas di sekitar
Seperti yang telah kami ungkapkan bahwa sekolah kami merupakan bagian dari masyarakat lokal yang ada di desa kami. Sebuah lembaga pendidikan yang memiliki perjalanan panjang dalam beberapa dekade. murid yang lulus dari sekolah kami sebagian sudah menjadi sukses dan menjadi aset modal daerah kami sebagai masyarakat yang sudah memiliki kemandirian dalam mengembangkan usaha bahkan produksi kemasyarakatan. Ada beberapa yang berhasil menjadi pengusaha, petani produktif dan pengembang usaha-usaha lainnya yang berbasis pertanian. Tentunya keberhasilan dari mereka tidak terlepas dari latar pendidikan dasar yang mereka miliki sejak awal bersekolah disekolah kami karena sumber daya manusia yang tangguh yang dimiliki oleh setiap individu terkait erat dengan pengetahuan dan kapasitas pendidikan awal yang mereka miliki.
Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki lebih baik dari orang lain
Sekolah kami telah melakukan beberapa kewajiban sebagai sebuah institusi pendidikan didesa kami dengan memberi layanan secara proaktif dan simultan sepanjang sejarah awal dibangun oleh pemerintah hingga sekarang. Tentunya peran dan kontribusi terhadap masyarakat sekitar sangatlah memberi nilai dan arti yang positif. Kami selalu berupaya melakukan yang terbaik dan memberi layanan pendidikan secara prima dan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat lokal yang ada di daerah kami khususnya masyarakat yang ada di sekitar desa kami .
Kami akan membuat tabel pemetaan 7 Aset yang dimiliki oleh sekolah
Aset
Kekuatan
Modal manusia
Aset internal :
Ø Murid sebanyak 124
Ø Memiliki GTK sebanyak 9 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah 7 orang guru dan 1 tenaga kependidikan
Ø Pengawas sekolah
Ø Orang tua murid/komite sekolah
Ø Masyarakat sekitar sekolah
Ø Mentor PKB
Ø Mentor PKP
Ø Pembina pramuka
Modal sosial
Ø Ketua kkg kecamatan
Ø Ketua komunitas PKB
Modal fisik
Ø Memiliki gedung sekolah
Ø Ruang kelas
Ø Perpustakaan
Ø Ruang pertemuan
Ø Kamar mandi/WC
Ø Mushola
Ø Listrik
Ø Air
Ø Jaringan internet WI-FI
Modal lingkungan
Aset internal:
Ø Kebun sekolah
Aset eksternal:
Ø Taman bunga dan buah
Modal finansial
Ø Dana BOS
Ø Dana Iuran komite
Modal politik
Aset internal
Ø Kerjasama dengan pemerintah desa dalam pembangunan sarana wudhu
Ø Kerjasama dengan komite sekolah terkait kegiatan sekolah
Ø Kerjasama dengan PUSKESMAS dalam rangka BIAS, Sosialisasi PHBS
Aset eksternal:
Ø Karang taruna desa
Ø Kelompok RISMA desa
Modal agama dan budaya
Aset internal:
Ø Melaksanakan kegiatan keagamaan
pada peringatan hari besar agama.
Ø Kegiatan pesantren kilat pada bulan Ramadan
Ø Kegiatan penyaluran dana bantuan bagi korban bencana dan sumbangan duka
Aset eksternal :
Ø Memiliki padepokan organisasi keagamaan, budaya dan kesenian desa.
Parigi moutong, 22 April 2021
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
semoga sukses ya. Lolos menjadi guru penggerak
Kereeen ulasannya, Pak. Salam kenal. Salam literasi
Terima kasih pak dede salam kenal balik pak salam literasi
Terima kasih pak ridwan salam sukses juga buat bapak ya
Ulasan Aset yang menarik buat referensi... Yes Aku suka... Sukses PHP Pak...
Sori PGP
Iya pk