Modul 1.2.a.10 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Aksi nyata modul 1.2.a.10
Nilai dan peran guru penggerak
Oleh : Kadek Suprapto
Peristiwa :
Deskripsi aksi nyata yang sudah dilakukan
Latar belakang
Landasan pendidikan dan pengajaran dari Ki Hajar Dewantara merupakan kekuatan saya dalam melakukan aksi nyata ini. Filosofi dan pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang nilai dan peran guru penggerak mendorong saya untuk melakukan sesuatu yang bernilai positif terhadap murid maupun guru yang ada disekolah saya maupun yang tergabung dalam komunitas yang saya pimpin. Saya menginginkan bahwa akan terjadi perubahan-perubahan yang dapat dilakukan oleh guru terhadap murid dalam memberi pelayanan pendidikan baik dalam meningkatankan kualitas mengajar yang terkait dengan pedagogik seorang guru maupun dalam meningkatkan kompetensinya sebagai seorang guru.
Situasi pendemik covid 19 mengharuskan kita melakukan banyak sekali perubahan-perubahan dalam kegiatan pembelajaran disekolah. Kegiatan belajar tatap muka dikelas tidak lagi diperkenankan.pertemuan belajar menjadi sangat terbatas bahkan guru harus melakukan perubahan-perubahan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi pandemik. Namun keadaan ini tidak lantas menyurutkan semangat dan aktifitas mengajar kami karena meskipun ada pembatasan dalam proses pembelajaran namun kami harus tetap mengajar murid karena tugas kami adalah mengajar.
Melihat dan merasakan situasi seperti ini membuat saya merasa resah dengan keadaan jika terus berdiam diri tanpa melakukan suatu perubahan maka muridlah yang terkena dampaknya karena kita membiarkan proses belajar tidak dilakukan sebagaimana mestinya.
Kegiatan aksi nyata yang saya buat dan programkan adalah mengajak rekan guru di sekolah dan komunitas KKG saya untuk menjalankan peran mereka dengan penuh dedikasi yaitu bagaimana cara mengajar murid dalam masa pandemik covid-19 ini.
Diawal kegiatan saya menyampaikannya lewat pertemuan bersama rekan guru topik yang saya sampaikan adalah bagaimana nilai dan peran kita sebagai guru dalam menuntun murid kita dalam proses pembelajaran. saya menjelaskan tentang nilai-nilai dan peran guru yang harus diketahui yaitu inovatif, mandiri, kolaboratif, berpihak pada murid dan reflektif. Nilai dan peran guru guru itulah yang harus di terapkan di sekolah dalam kaitan kita sebagai seorang guru dalam melaksanakan tugas-tugas mengajar. Dalam penyampaian saya pada pertemuan tersebut saya juga mengajak rekan guru untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirancang sesuai dengan kondisi pandemik. Mengajak rekan guru untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan baik lewat daring maupun luring.
Pada kegiatan selanjutnya saya dan rekan guru secara bersama-sama berlatih untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Kami saling berkolaborasi dan bekerja sama curah pendapat dan saling menuangkan ide bagaimana merancang RPP jarak jauh secara daring dan luring. Kami menemukan kesepakatan bersama bahwa kegiatan belajar yang kami terapkan disekolah adalah PJJ luring untuk murid kelas 1 sampai kelas 5 dan PJJ daring untuk kelas 6. Gambaran PJJ yang kami laksanakan adalah membuat kelompok belajar dirumah murid dan guru melaksanakan kunjungan mengajar kerumah murid. sedangkan PJJ daring untuk kelas 6 adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi WA. Saya dan guru bersama-sama membuat rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan kemudian memakainya sebagai alur kegiatan dalam proses belajar murid dimasa pandemik covid 19.
Hasil dari aksi nyata yang dilakukan
Dengan mengajak dan mendorong rekan guru untuk berbuat dan melakukan tugasnya dengan baik sesuai dengan nilai dan peran guru didalam mengakomodasi kebutuhan murid maka secara perlahan rekan guru di sekolah saya mulai dapat memahami situasi yang terjadi dan dapat mengupayakan diri untuk dapat mengajar dengan baik dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kondisi yang terjadi saat ini.
Perasaan (feelings)
Perasaan ketika atau setelah menjalankan aksi nyata
Saat saya menjalankan aksi nyata ini ada beberapa kondisi yang saya alami terkait menghadapi rekan guru yang kurang memberi respon positif dan mau melakukan perubahan diri. Lalu terkait dengan kemampuan saya yang terbatas dalam hal menyampaikan cara pembuatan RPP jarak jauh tetapi saya terus berupaya untuk melakuakn yang terbaik. Dengan kapasitas diri yang saya miliki serta nilai-nilai dan peran yang terus saya permantap maka saya dapat melalui proses aksi nyata saya ini dengan percaya diri dan rasa tanggung jawab yang penuh.
Pembelajaran (findings)
Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan keseluruhan aksi (baik kegagalan maupun keberhasilan)
Sesuatu yang baru tidak selamanya dapat diterima dengan rasa nyaman. Mengajak orang lain untuk melakukan perubahan bukan sesuatu yang mudah apalagi dalam situasi yang sangat tidak baik keadaannya. Dari itulah satu pembelajaran yang saya dapatkan ketika saya dapat melaksanakan aksi nyata ini bahwa untuk melakukan perubahan banyak tantangan dan kendala yang saya hadapi namun dengan apa yang saya miliki terkait dengan niali diri dan peran saya maka saya dapat melalui semua itu dengan baik. Pembelajaran lain yang saya dapatkan adalah saya lebih kuat menghadapi situasi yang tidak baik saya menjadi lebih tangguh melewati sebuah proses yang membutuhkan kerja keras dan perjuangan semua itu dapat saya lalui dengan penuh semangat dan dedikasi.
Penerapan kedepan
Rencana perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang
Dari aksi nyata yang saya lakukan tentu belum mencapai satu keberhasilan seperti yang diharapakan masih perlu pembenahan dan perbaikan yang dilakukan pada beberapa hal yang terkait dengan kesiapan guru dalam membuat dan melaksanakan rencana dan kegiatan belajar jarak jauh. ada kendala-kendala yang mendasar yang masih sulit diatasi misalkan kondisi murid yang belum terbiasa dengan model belajar jarak jauh keterbatasan jam mengajar yang membuat materi pembelajaran tidak dapat disampaikan secara tuntas. Bahkan kesibukan orang tua bekerja sehingga peran serta mereka tidak turut membantu proses penerapannya. Dari kendala –kendala yang terjadi maka saya perlu mengevaluasi program aksi nyata saya ini agar saya dapat mencari jalan keluar dari kendala yang muncul sehingga dapat memudahkan saya pada pelaksanaan program selanjutnya.
Foto dokumentasi kegitan aksi nyata
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Keren jadi giru penggerak