'Muter-muter nyari Ide'. 'kata Ibnu murid saya'. Kadek S. Sumber Agung, 24 Januari 2022
"muter-muter nyari ide". "kata Ibnu" Seorang murid saya.
"Sedang nyari ide Pak guru". kata Ibnu murid yang selalu mencuri perhatian saya. Ibnu murid yang berbeda dengan kawan lainnya. Ia memiliki perilaku berbeda yang kadang membuat saya berpikir keras untuk memecahkan misterinya. Ibnu murid saya yang pendiam. Tingkahnya sedikit beda dengan murid yang lainnya. Didalam kelas sering melamun tapi bukan berkhayal. Dia mendengar apa yang saya sampaikan tetapi tidak pernah fokus menatap saya. Jika saya menjelaskan di papan tulis tatapan matanya selalu diarahkan keluar kelas. Bukan hanya itu saja keanehan yang saya lihat dari Ibnu murid saya. Masih ada beberapa perilaku yang tidak biasa sering ditunjukkan oleh ibnu semakin membuat penasaran saya untuk mengorek isi dalam pikiran Ibnu.
Hari ini ada satu perilaku aneh yang ditunjukkan oleh Ibnu di kelas saat saya memberikan tugas kepada semua murid. Saat semua murid sudah selesai mengerjakan tugas dan sudah istirahat di luar. Seperti biasa saya mengoreksi hasil pekerjaan murid dalam kelas. saya menggunakan waktu istirahat hari ini dengan mengecek hasil pekerjaan mereka. saya melirik bangku kelas murid melihat Ibnu masih berada di kelas. Dia tidak keluar bersama temannya. memang begitulah Ibnu selalu menyendiri. seakan Dia asyik menikmati kesendiriannya. jarang sekali Dia mau berkumpul bersama temannya. saat saya kembali menyapu pendangan saya kearah tempat duduk Ibnu masih terlihat Ia duduk ditempat duduknya semula. tapi untuk yang kedua ini saat saya melihatnya ada hal yang tidak biasa terlihat. Saya melihat pemandangan lucu. Ibnu sedang berputar-putar mengelilingi barisan bangku murid yang berjejer satu deret dengan bangku tempat duduknya. Ia berjalan berkeliling sambil menempelkan jari tangan kananya di atas meja lalu kemudian menyeretnya diatas meja sepanjang Ia berkeliling. Lamat saya mendengar suara perlahan dari mulutnya namun tak jelas terdengar dari tempat duduk saya tetapi saya mendengar bahwa dia mengeluarkan sebuah suara mirip suara mantra. Agak sedikit saya sendengkan telinga berusaha mencari tahu tentang suara yang sebenarnya diucapkan oleh Ibnu tapi tetap saya gagal mendengarnya. Sudahlah usaha itu tidak saya teruskan. Demi mencapai keinginan dan rasa penasaran saya serta merta saya berdiri dan beranjak dari tempat duduk saya mengahampiri Ibnu yang masih meneruskan perjalanannya berkeliling deretan meja murid. setelah saya berhasil mendekat spontan saya menegurnya dengan pertanyaan, "Ibnu kamu ngapain sih?, "kok dari tadi muter-muter seperti itu?, agak sedikit keras volume suara saya bertanya. Berharap supaya saya tidak mengulang pertanyaan. karena biasanya Ibnu jika di tanya sering saya mengulang pertanyaan lebih dari sekali kepada Ibnu karena kadang Ibnu tidak mendengarnya dan selalu menjawab "apa?" sebagai tanda Ia tidak mendengar suara saya. Sepintas Ibnu menoleh saya. memutar lehernya sambil memicingkan mata lalu dengan santai Ia menjawab, "sedang nyari Ide Pak guru". Saya terdiam sejenak. Tapi otak saya berpikir keras. Ada seribu lebih pertanyaan yang berputar di kepala saya mencoba menerjemahakan kalimat yang diucapkan oleh Ibnu murid saya. Apa mungkin ya, seorang Ibnu menjawab pertanyaan bak seorang profesor yang sedang meneliti di ruang Laboratorium untuk menganalisa hasil temuannya yang menggemparkan dunia.
Terpecahkanlah misteri tentang Ibnu selama ini yang membuat saya sering merenung mencari tau ada apa dengan Ibnu. Pikiran Ibnu yang ajaib. Dulu sempat saya nyaris melupakannya karena mengira Ia anak lamban berpikir dan mengalami kesulitan belajar. Timbul penyesalan dalam diri saya dan menjadi berdosa terhadap reaksi berpikir saya. Sungguh di luar dugaan ternyata apa yang selama ini Ibnu lakukan dalam proses pembelajaran di kelas membuat saya kagum dan heran. Anak yang suka menyendiri, tak suka bergabung dengan teman sepermainanannya di sekolah, terlihat tertutup dan malu-malu, ternyata menyimpan sebuah kekuatan yang luar biasa. Pernah dalam satu ketika Ibnu pada akhirnya menjadi guru saya mengedit video pada aplikasi Kinemaster. Sungguh tak menyangkanya . Tidak ada alasan lagi bagi saya untuk mengatakan bahwa Ibnu adalah kategori anak yang mengalami kesulitan belajar. Justru sebaliknya bahwa Ibnu adalah murid yang unik dan berbeda.
Terinspirasi dari kalimat murid saya Ibnu "muter-muter nyari ide". Hari ini sayapun sedang berputar seperti Ibnu untuk mencari ide pembukaaan paragraf pertama saya dalam membuat resume Kelas Menulis PGRI yang malam nanti adalah penyampaian materi ke-4 untuk menulis resume. Terpikir untuk menjadikan kejadian di kelas tadi sebagai pengantar penulisan resume saya. "jadi deh"...hati saya riang karena mendapat ide untuk menulis malam nanti.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar