KAK MANSUR

Muhammad Mansur, M.Pd.I atau sering disapa dengan Kak Mansur adalah seorang kepala madrasah di RA/DTA Darussalam, juga sebagai Dosen di STITNU Al Farabi Pangand...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tips Menjadi Kreatif (Tantangan hari ke-16)

Bagaimana menjadi kreatif? Kreatifitas itu muncul dari sebuah ide, atau memvariasikan ide ide yang sudah ada.

Ada seorang penjual pisang yang menjual pisah utuh, jika di jual dalam bentuk aslinya maka hasilnya akan MURAH. Tapi coba kalo pisang itu di kreasikan menjadi PISCOK (Pisang Coklat), kue pisang, sriping pisang dll, maka produk itu akan mempunyai NILAI JUAL lebih tinggi.

Di tangan kak @⁨Kak Pranowo⁩ ..botol bekas yang awalnya tak benilai, karena adanya KREATIFITAS Akhirnya mempunyai nilai jual yang tinggi. Gara2 botol bekas..sudah bisa ke Pangandaran 2 x dan juga kelililing Indonesia.

Di tangan @⁨Pak Soiman⁩ dan tim..sampah di pesantren yang awalnya hanya dibuang, tak bermanfaat. Bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan dan kreatifitas yang bernilai jual lewat bank sampah Nusantara yang di kelolanya.

Di tangan kak @⁨Kak Sha⁩ flashdisk yang awalnya hanya kosongan belaka, akhirnya diisi ilmu- ilmu tentang manajemen & kurikulum,akhirnya nilai dari Flasdisk itu menjadi NAIK dan juga bermanfaat untuk para guru.

Di tangan kak Aji Syafa dan kak Adi Kitana. Suara yang diberikan Allah bisa dirubah menjadi berbagai macam lagu2 anak yang kreatif yang menginspirasi. Akhirnya karyanya bisa dihargai orang lain dan mempunyai nilai jual

Hal diatas hanya beberapa contoh saja yaa. Tentu masih banyak teman2 di grup ini yang kreatif yang belum saya ketahui

Sama halnya saya, saya tak menyangka bahwa hasil kreatifitas kami dg ular tangga karakter bisa menghasilkan. Bisa untuk menggaji karyawan dan bismillah, insya Allah bisa qurban lagi tahun ini. Semoga dijauhkan dari sifat riya',namun sebatas untuk saling mengajak dalam kebaikan.

Tak terasa..sejak dilaunching kurang lebih hampir 2 bulan yang lalu, sudah hampir 400 pcs terjual. Banyak guru2 yang akhirnya bisa bersinergi dan ikut terlibat di dalamnya Alhamdulillah lagi..bisa berbagi rezeki dg teman2 yang sudah bergabung.

Sama halnya dalam pembelajaran. Pembelajaran yang hanya monoton, biasa - biasa saja, membuat anak jenuh, tak bergairah dan tak bermakna. Anak berangkat sekolah dengan membawa beban berat yang dipikulnya. "Ah..ketemu ibu guru yang galak lagi.😅

"Ah .malas berangkat, gurunya mbosenin."

"Hmmm..aku takut dimarahin Bu guru itu. Dll

Semoga hal itu tidak terjadi yaa..insya Allah guru2 disini ramah2 dan baik2.

Maka pembelajaran kreatif akan mampu membuat anak merindukan sekolah. Mengajar dengan semangat, ceria memadukan bermain, bercerita juga menyanyi membuat anak anak enjoy dan betah di sekolah.

Kembali ke pertanyaan awal.

Bagaiamana menjadi kreatif..?

✅ *Temukan ide baru*

Ide itu muncul berdasarkan apa yang kita lihat dan apa yang kita rasakan, juga apa yang kita alami) terkadang ide itu muncul tiba- tiba. Maka supaya kita bisa menemukan ide baru, maka sering melihat lihat dan menjelahi bidang apa yang kita suka.

✅ *Kreasikan*

Jika ide sudah ketemu kita bisa mengkreasikannya menjadi lebih unik dan kreatif. Selanjutnya kita juga bisa mengkreasikan, memodifikasi, atau menyempurnakan ide ide yang sudah ada.

✅ *Banyak bergaul dengan orang kreatif*

Temukan orang- orang kreatif yang sesuai dengan bidang yang kita tekuni dan bergaullah dengan mereka. Jangan sungkan untuk bertanya dan saling shering tentang bidang yang kita tekuni. Insya Allah kreatifitas akan muncul dengan sendirinya.

Mari terus belajar menjadi orang orang kreatif yang semoga selalu dikejar rezeki.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen kak

09 Jul
Balas

kreatif juga tulisannnya. informatif lagi...salam

08 Jul
Balas



search

New Post