Wahyu

Pria Kelahiran Duri Riau dari Seorang Ayah Perkerja Migas dan Ibu Tenaga pendidik. Selain pekerja Migas juga aktif berorganisasi. MengenyamPendidikan S1 Budid...

Selengkapnya
Navigasi Web
Digitalisasi SPBU dan Pembayaran Dengan Aplikasi MyPertamina Hp dan Syarat nya di SPBU

Digitalisasi SPBU dan Pembayaran Dengan Aplikasi MyPertamina Hp dan Syarat nya di SPBU

Digitalisasi SPBU dan Pembayaran Dengan Aplikasi MyPertamina, Bagaimana Aturan Menggunakan Handphone di SPBU ?

Pertamina terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, di antaranya melalui program Digitalisasi SPBU dan aplikasi myPertamina.

Dengan adanya program Digitalisasi SPBU, maka Pertamina dapat menyatukan kondisi stok BBM, penjualan BBM dan transaksi pembayaran di SPBU. Selain itu semua data tersebut juga dapat diakses secara langsung oleh pihak seperti Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPH Migas sehingga dapat saling mendukung untuk pengiriman BBM termasuk yang bersubsidi yaitu Biosolar (B30) dan penugasan yaitu Premium.

Pertaminaku

Selain itu, Pertamina juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membeli produk-produk Pertamina dengan cara pembayaran non tunai (cashless payment). Pembayaran non tunai di SPBU dapat dilakukan baik melalui fasilitas yang telah dikerjasamakan dengan berbagai perbankan maupun dengan Link Aja yang terintegrasi dengan aplikasi MyPertamina.

Melalui aplikasi ini, konsumen mendapat berbagai keuntungan seperti kemudahan dan kepraktisan dalam pembayaran non tunai, akses mengetahui SPBU terdekat, meraih poin reward dengan berbagai manfaat, hingga pembelian BBM dan LPG.(pertamina.com)

Penggunaan aplikasi untuk membeli Pertalite ini akan mulai diuji pada Agustus 2022. Wacana tersebut muncul sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan segera rampung direvisi.

Melalui MyPertamina, konsumen akan menempuh verifikasi oleh BPH Migas apakah layak mendapatkan akses untuk membeli BBM bersubsidi dengan menunjukkan akses QR Code saat berada di SPBU. ( medcom.id )

Berikut adalah tata cara mendaftar MyPertamina untuk membeli BBM subsidi :

1. unduh aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store bagi pengguna IoS

2. Usai diunduh dan menempuh instalasi otomatis dari Google Play, buka aplikasi MyPertamina dan muncul laman setup dan klik ‘Lanjutkan’

3. Pilih ‘mulai’ dan isi nomor telepon dan PIN 6 digit, lalu klik ‘Daftar’

4. Pengguna akan masuk ke laman registrasi. Kemudian isi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit, ketik ulang PIN 6 digit dan klik ‘Daftar’

5. MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor yang didaftarkan

6. Masukkan kode OTP pada kolom yang disediakan dan klik ‘Verifikasi’

7. Jika verifikasi berhasil, tekan ‘Ok’ dan kamu akan otomatis akan login ke aplikasi MyPertamina

8. Jika ada perintah izin perangkat untuk mengakses lokasi, mengambil gambar dan mengakses foto, media dan file maka pilih ‘Izinkan’

9. Jangan lupa untuk hubungkan aplikasi MyPertamina dengan akun LinkAja milik kamu sebagai metode pembayaran. Caranya dengan mengunduh aplikasi LinkAja yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store

10. Aplikasi MyPertamina kamu sudah dapat digunakan sebagai pembelian BBM di SPBU

Berikut nilai poin yang bisa di dapatkan ketika membeli bensin memakai MyPertamina ( Suara.Com ) :

Pertamax Turbo = 100 Poin

Pertamax = 25 Poin

Pertalite = 1 Poin

Solar Dex = 100 Poin

Dexlite = 25 Poin

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bermain HP di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidaklah diperbolehkan. Namun, belakangan beberapa SPBU menyediakan dan mempromosikan alternatif pembayaran secara non-tunai menggunakan aplikasi MyPertamina di HP. Hal tersebut tentu bertentangan dengan larangan menggunakan HP.

Bagaimana sebenarnya ketentuan menggunakan HP di SPBU?

Pertamina yang menerapkan cara bayar itu pun angkat bicara. Dijelaskan lewat akun @MyPertaminaID di Twitter bahwa boleh menggunakan HP di SPBU dengan syarat.

“BOLEH! Iya, Boleh kok menggunakan handphone di SPBU asal sesuai dengan ketentuan keamanan lokasi penggunaan dan peruntukannya ya.” tulis Pertamina dalam cuitannya.

Lokasi-lokasi yang diperbolehkan menggunakan HP, di antaranya area publik, seperti toko atau minimarket, foodcourt, dan kantor di area SPBU. Bisa juga di dalam mobil atau dengan jarak aman dari dispenser SPBU, yakni 1,5 meter.

Penggunaan pembayaran dengan pemindaian QR Code tidak menggunakan mode (panggilan). Tidak masalah jika masyarakat menggunakan ponsel di SPBU untuk pembayaran digital, selama tidak melakukan panggilan telepon. Ketentuan tersebut telah melalui tahap uji coba keamanan.

Cara Beli BBM Bagi Pemotor, begini cara beli BBM pakai aplikasi MyPertamina seperti mengutip informasi dari laman mypertamina.id, Rabu (15/6/2022).

1. Pastikan jarak antara motor dengan pulau pompa (mesin pengisian bahan bakar) adalah sejauh 1,5 meter.

2. Pengendara motor dipersilakan turun dari kendaraan, kemudian berdiri di tanda yang telah disediakan, berseberangan dengan operator SPBU Pertamina.

3. Operator SPBU Pertamina akan memberitahukan jika posisi kendaraan sudah aman.

4. Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terpasang di ponsel Anda dan terhubung dengan akun LinkAja.

5. Lakukan pengisian BBM untuk motor Anda.

6. Silakan meminta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina.

7. Pilih “Bayar” pada aplikasi MyPertamina.

8. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina.

9. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status dinyatakan berhasil.

Cara Beli BBM Bagi Pemobil

1. Lakukan pengepasan posisi mobil di tempat parkir dekat pulau pompa yang disediakan SPBU Pertamina.

2. Pengendara mobil diharap mematikan mesin dan berada di dalam kendaraan selama proses pengisian BBM berlangsung.

3. Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terpasang di ponsel Anda dan terhubung dengan akun LinkAja.

4. Lakukan pengisian BBM untuk mobil Anda.

5. Silakan meminta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina.

6. Pilih “Bayar” pada aplikasi MyPertamina.

7. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina.

8. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status dinyatakan berhasil.

https://www.facebook.com/174468845974723/posts/pfbid02fFgRWQUbAMEHKv4rFca18wgP5Ku5vQTg5bPtf2akdqG7PKAw4cqTGSzyEtwTL4YZl/

https://www.instagram.com/p/CfOFY8PvxkE/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

25 Jun
Balas

Mantap ulasannya keren

25 Jun
Balas



search

New Post