Kang Guru

Kang Guru 03 Channel (Bantu Subscribe ya!)...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan Karakter dengan Panahan
Penulis bersama Siswa SMP Negeri 3 Ciawi

Pendidikan Karakter dengan Panahan

Panahan. Itulah olahraga yang penulis lakukan selama dua tahun terakhir, meski hanya seminggu sekali Alhamdulilah efeknya luar biasa, badan terasa bugar dan ‘jarang’ sakit. Awalnya penulis melakukan kegiatan memanah menggunakan peralatan lokal yang harganya ramah di kantong. Namun lama-kelamaan merasa ada yang aneh, bukan malah nyaman, tapi yang terjadi badan serasa remuk. Seperti biasa jika penulis menemui jalan buntu, jalan terakhir ‘ziarah’ ke mbak google mencari tahu tentang panahan dan pernak perniknya. Akhirnya ditemukan solusinya bahwa ternyata untuk memanah tidak sembarangan memakai busur dan perlengkapan lainnya. “Cartel Sirius Edge” itulah busur panah yang penulis pilih, setelah ‘gagal’ mencintai produk dalam negeri. Dengan busur ini pula salah satu anak didikku meraih medali perak.

Olahraga panahan merupakan salah satu olahraga yang sudah berumur tua. Pada awalnya panahan memang bukan olahraga, tetapi merupakan keahlian untuk berburu dan berperang. Berburu untuk mendapatkan makanan dan bertahan hidup, serta melangsungkan kehidupan. Berperang untuk mempertahankan kekuasaan dan tentu saja untuk melanjutkan kehidupan.

Hari ini panahan sudah menjadi suatu trend dalam olahraga rekreasi. Kesan menakutkan panahan untuk peperangan sudah beralih kepada panahan sebagai kesenangan. Berbagai pertandingan panahan di berbagai tingkat dan level sudah sering dilaksanakan. Mulai dari tingkat kota/kabupaten sampai dunia, panahan menjadi suatu olahraga tontonan dan tuntunan yang diminati banyak orang.

Dari sisi pendidikan, olahraga panahan memberikan banyak sekali manfaat, baik secara pribadi maupun untuk masyarakat luas. Pendidikan karakter dalam panahan terlihat sangat jelas bagi seorang pemanah, yang tentu saja akan bermanfaat dalam keterampilan memanahnya secara pribadi maupun karakter yang terbentuk hasil panahan untuk kehidupannya secara nyata dalam pergaulannya sesama manusia.

Islam juga telah mengajarkan para pemeluknya untuk berlatih panahan, sebagaimana sabda Rosul saw, “Kalian semua perlu belajar memanah, karena itulah permainan kalian yang paling bagus.” (HR. Al Bazzar dan Thabrani). Rosul saw sebagai teladan yang sudah tentu memberikan informasi yang luar biasa bermanfaat bagi umatnya, sehingga kita sebagai umatnya tidak perlu berfikir panjang atas perintah Rosul saw itu selain sami’na wa atho’na (mendengar dan taat). Dengan perintah beliau saw untuk memanah, sudah pasti terdapat manfaat besar di dalamnya.

Beberapa manfaat dari panahan terutama terkait dengan pendidikan karakter diantaranya adalah, sebagai berikut:

1. Disiplin

2. Mental yang Fokus

3. Perhatian secara rinci

4. Ketekunan

5. Kesabaran

6. Percaya Diri

7. Tanggung Jawab Personal

8. Bertindak sesuai Aturan

9. Keterampilan Sosial

10. Kegembiraan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tak ada keraguan dari teladan Rasulullah SAW. Alhamdulillah, kini panahan mulai ngetrend di masysrakat. Konon pula mengetahui manfaatnya yang luar biasa. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

07 Oct
Balas

Hatur nuhun, sudah mampir

08 Oct

Barokallah.. Lanjutkan mengajar memanahnya. Bisa dilakukan sekolah maupun di luar sekolah. Semoga aktivitas senantiasa bernilai ibadah, Aamiin

07 Oct
Balas

Aamiin

07 Oct



search

New Post