Karla Wulaniyati

Senang Pada Dunia Pendidikan. Kecintaan pada Membaca dan Menulis. Mengajar di sebuah SMK Swasta....

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis Yang Diawali Dengan Keresahan
Sumber gambar : pixabay.com

Menulis Yang Diawali Dengan Keresahan

Bismillah

Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya kalau saya senang membaca sejak kecil. Akibat dari membaca terjadi keriuhan di kepala dan untuk mengeluarkan keriuhannya saya senang menulis sehingga sejak dulu saya selalu ingin menjadi penulis.

Tetapi sampai hari ini pencapaian menulis saya baru sampai tahapan pengokohan jejak kepenulisan lebih dulu. Banyak hal yang belum saya miliki untuk menjadi seorang penulis.

Selain itu level kepenulisan saya baru sampai tahapan menuliskan keresahan yang saya temui. Keresahan karena apapun yang menghambat saya menghasilkan tulisan maka saya tuliskan tentang itu. Keresahan karena peristiwa yang saya temui keseharian maka saya akan menuliskan hal itu.

Sepanjang menulis tentang keresahan yang paling berkesan adalah jika membahas tentang "hantu diri". Istilah ini saya dapatkan dari komentar seorang senior penulis di sebuah platform.

Hantu diri -- dalam hal ini dalam kerangka kepenulisan -- adalah hambatan yang datangnya dari dalam diri seperti minder kalau tulisan buruk, sederhana, tidak penting, alasan apapun yang menunjukkan tulisan kita tidak layak dibandingkan tulisan penulis lain. Semua hal yang mengerem diri untuk menulis yang berasal dari dalam diri saya kategorikan sebagai hantu diri.

Keresahan tentang hantu diri bisa menghasilkan beberapa tulisan seperti bahasan tentang hantu diri itu sendiri, bagaimana mengatasinya, bahkan bagaimana memanfaatkan hantu diri untuk keuntungan kepenulisan kita.

Sama seperti keresahan yang menjadi kesulitan dalam menjejakkan kepenulisan justru ditunggangi agar lebih mengokohkan dan membuat menulis menjadi lebih baik.

Keresahan tidak boleh menghentikan perjalanan jika memang ingin menjadi penulis karena penulis profesioanal adalah penulis amatir yang tidak berhenti dan menyerah.

A professional writer is an amateur who didn't quit. (Richard Bach)

Siapa tahu tulisan yang dibuat walau sederhana menjadi jalan amalan sholih karena menjadi ilmu yang bermanfaat apalagi kalau sampai memiliki karya abadi yang menjadi perpanjangan pahala walau jasad sudah tidak ada di dunia lagi.

Alhamdulillah

Karla Wulaniyati untuk Gurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Apa yang ditulis, seperti apapun akan menemukan takdir pembacanya sendiri. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Karla

19 Jun
Balas

Sepakat pak Mulya...tulisan itu spt anak yg dilahirkan diterima bagaimanapun keadaannya...hehehe...trm ksh kunjungan dan apresiasinya...sehat, bahagia, hidup penuh berkah buat Bpk....Salam

20 Jun

Hantu diri, ini memang sering menghantui dan terkadang sulit untuk menghindari. Jazakillah khoir untuk tulisan yang menginspirasi ini, Bu Karla. Semoga kita bisa enyahkan hantu diri dari dalam diri sendiri. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bu Karla.

18 Jun
Balas

Ternyata memang yg tersulit itu kalau penghambatnya datang dr diri yaa Bu Rai...trm ksh kunjungan dan apresiasianya...sehat, bahagia, hidup penuh berkah buat Ibu...Salam

20 Jun

Semangat terus Bund. Menulis, menulis dan menulis. Sukses selalu dan barakallahu fiik

18 Jun
Balas

Ini sudah beberapa mode senyap tdk menulis bu Vivi ...sy suka sebel kalau sdh dlm tahap ini..hehehe...trm ksh kunjungan dan apresiasinya...sehat, bahagia, penuh berkah selalu buat Ibu...Salam

20 Jun



search

New Post