karnadanasution

Karnada Nasution adalah seorang mahasiswa Pascasarjana program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary padangsidipuan disamping it...

Selengkapnya
Navigasi Web
7 Pantun Motivasi Belajar untuk Peserta Didik
Contoh suasana pembelajaran di kelas di mana seorang guru bisa menyampaikan pantun di awal atau di akhir pembelajaran.

7 Pantun Motivasi Belajar untuk Peserta Didik

Pembelajaran yang menyenangkan tentunya adalah dambaan peserta didik, seiring perkembangan zaman maka terjadilah perubahan salah satunya perubahan dalam proses pembelajaran. di era sekarang pembelajaran dituntut sesuai dengan zaman seperti kata Ali Ibn abi Thalib " Ajarilah anak didikmu sesuai zamannya". Salah satu cara dalam membuat proses pembelajaran menyenangkan dan asyik adalah dengan membuat pantun pemberian semangat dan motivasi belajar untuk peserta didik agar mereka termotivasi dalam belajar.

Berikut beberapa pantun yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran.

1. Di siang hari minum es

Membuat tenggorokan terasa segar

Kalau kamu ingin sukses

Maka rajinlah dalam belajar

2. Pak Tono beli kebaya

Beli kebaya di toko fajar

Kalau kamu ingin berjaya

Maka sungguh-sungguhlah dalam belajar

3. Jalan-jalan ke toko buku

Di toko buku jumpa widia

Belajarlah wahai anakku

Agar kelak hidupmu bahagia

4. Beli bakwan di kantin sekolah

Belinya tiga gratis dua

Ayo kita semangat bersekolah

Agar kelak hidup bahagia

5. Pak wawan minum jamu

Minumnya pagi dan petang

Kalau rajin menuntut ilmu

Pasti sukses di masa mendatang

6. Beli rambutan di pasar pagi

Untuk dibawa ke rumah Pak Anwar

Dalam hidup harus punya mimpi

Mimpi diraih dengan semangat belajar

7. Jemur kain di atas pagar

Sudah kering bisa dipakai

Kalau malas dalam belajar

Cita-cita sulit untuk digapai

Itulah 7 pantun motivasi belajar yang bisa dipraktik guru dalam proses pembelajaran bisa dipakai sebelum, sedang atau sesudah pembelajaran untuk memberikan motivasi belajar peserta didik sehingga meningkatkan semangat belajar peserta didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post