Karnain Abidin

Lahir di Rupe (Bima) pada tanggal 27 Juni 1971, Pendidikan: S1 PLB Universitas Negeri Makassar (UNM) 2000, S2 PIPS Kanjuruhan Malang (Unikama) 2016, Mo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jago Wotu, Camilan Kala Hujan
Jago Wotu atau Popcorn. Dokumen pribadi

Jago Wotu, Camilan Kala Hujan

#TantanganGurusiana

Di kompleks perumahan tempat saya dan istri menginap sejak pagi diliputi awan mendung. Pertanda bahwa Lombok Barat dan Kota Mataram hari ini akan hujan. Benar saja, siang hari hujan mulai turun rintik-rintik. Semakin sore hujannya tambah lebat.

Berdiam di rumah tanpa aktivitas juga tak mengenakkan. Saya dan istri yang semula berencana jalan santai keliling kompleks, terpaksa batal. Seharian kami hanya di rumah. Kebetulan hari ini hari Sabtu. Keponakan saya dan suaminya tidak bekerja. Jadi lengkaplah seluruh anggota di rumah ini.

Selain mengobrol dan tidur, selebihnya kami hanya menonton televisi. Tapi bosan juga. Sementara hujan, kami tidak bisa ke mana-mana.

Untungnya, menantu teringat. Ia mulai membongkar-bongkar isi lemari. Jagung yang ia beli di supermarket beberapa hari yang lalu rupanya masih ada. Mulailah ia beraksi. Membuat camilan "Jago Wotu", atau biasa disebut popcorn.

Caranya cukup sederhana. Ia hanya menyiapkan panci penggorengan, mentega, dan biji jagung. Mula-mula panaskan penggorengan dan mentega. Setelah mencair, masukkan biji jagung kemudian ditutup. Biarkan biji jagung tersebut meletup-letup dan mekar sambil menggoyangkan panci biar mekarnya merata. Setelah tidak terdengar lagi biji jagung yang meletup, segera angkat dan pindahkan ke mangkuk atau wadah lain.

Jadi deh camilan sederhana sambil ngobrol atau nonton televisi.

****

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Brondong nama camilan itu ditempat saya

12 Sep
Balas

Oh iya Bu. Terima kasih atas informasi dan kunjungannya.

12 Sep



search

New Post