Karnain Abidin

Lahir di Rupe (Bima) pada tanggal 27 Juni 1971, Pendidikan: S1 PLB Universitas Negeri Makassar (UNM) 2000, S2 PIPS Kanjuruhan Malang (Unikama) 2016, Mo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Masalah? Bukan Masalah!
Gambar hanya sebagai pemanis. Dokumen pribadi

Masalah? Bukan Masalah!

#TantanganGurusiana

Secara sederhana, masalah ialah keadaan atau situasi yang belum sesuai harapan. Dalam bahasa Inggris disebut problem.

Baik. Saya tidak bermaksud membahas definisi masalah.

Saya hanya ingin mengingatkan, termasuk diri saya, bahwa masalah selalu ada di mana-mana. Menghinggapi siapa saja dan kapan saja. Tanpa kecuali laki atau perempuan, tua maupun muda. Kemungkinannya sangat terbuka untuk bermasalah. Termasuk guru sekolah dasar (SD).

Sebagai guru SD, kita sebaiknya memahami, dan terbiasa menghadapi masalah. Sebagaimana saya rangkum dari sekolahdasar_net, ada 5 alasan guru SD harus terbiasa menghadapi masalah, yaitu:

1. Menjadi Guru SD tidaklah mudah

Seperti siswa SMP dan SMA, siswa SD mempunyai permasalahan sendiri. Karena masih anak-anak, mereka masih sulit memecahkan masalahnya sendiri. Dibutuhkan tenaga dan pikiran yang ekstra dalam mendidiknya. Di sinilah diperlukan kehadiran guru.

2. Guru SD harus ceria

Dunia anak, dunia ceria dan selalu ingin diperhatikan oleh orang-orang sekitarnya. Oleh karenanya, tidak ada waktu bagi guru SD untuk kelihatan murung.

3. Guru SD adalah panutan

Setidaknya bagi siswanya, guru SD adalah panutan. Kata-kata dan gerak-gerik gurunya akan ditiru. Bagi siswa SD, mereka mengidolakan guru melebihi siapapun. Termasuk orang tuanya sendiri.

4. Guru SD adalah penasihat

Sebelum memberi nasihat, guru SD harus klir dari masalahnya sendiri. Bukan berarti guru SD tidak punya masalah. Tapi, tidak boleh melampiaskan masalah pribadi terhadap anak-anak di dalam kelas.

5. Hidup tidak lepas dari masalah

Kata orang, hidup memang masalah. Siapa yang mampu mengelola masalah menjadi peluang dialah pemenangnya. Mengatasi masalah merupakan hal yang harus dilakukan.

Sebagai penyemangat, saya kutip kalimat bijak berikut ini:

- Allah tidak membebani seseorang melebihi batas kemampuannya.

- Tidak ada masalah yang tidak terselesaikan.

Demikian, semoga bermanfaat.

***

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

14 Sep
Balas

Terima kasih sudah berkunjung lebih awal walau tulisan ini belum rampung 100%

14 Sep



search

New Post