Karnain Abidin

Lahir di Rupe (Bima) pada tanggal 27 Juni 1971, Pendidikan: S1 PLB Universitas Negeri Makassar (UNM) 2000, S2 PIPS Kanjuruhan Malang (Unikama) 2016, Mo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangun SDM Guru lewat KKG

Membangun SDM Guru lewat KKG

#TantanganGurusiana

Pada era Pendidikan sekarang sangat penting membangun sumber daya manusia (SDM) guru. Melihat tantangan zaman para guru hendaknya dengan kesadaran tinggi mau meningkatkan mutu dirinya. Karena guru merupakan ujung tombak untuk membenahi layanan pendidikan di satuan pendidikan sesuai tingkatan.

Tantangan utama bagi guru ialah, peserta didik sekarang sudah mempunyai banyak saluran untuk mendapatkan informasi. Kemajuan teknologi informasi telah merambah berbagai segi kehidupan. Guru bukan lagi satu-satunya sumber informasi. Oleh karenanya, guru juga tentunya harus beradaptasi dengan tantangan tersebut.

Seorang guru, selain memiliki keahlian inti sebagai pendidik, mau tidak mau harus menyesuaikan diri perubahan zaman. Tidak boleh menjadi guru yang biasa-biasa saja. Guru perlu mengembangkan kompetensi sesuai dengan perkembangan terkini. Mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunitif, serta mampu bekerja sama secara kolaboratif. Mereka perlu memperkaya diri dengan kemampuan abad ke-21.

Pembangunan SDM sekarang menjadi perhatian pemerintah. Sudah banyak program yang diluncurkan untuk menunjukkan perhatian tersebut. Karena itu, guru harus proaktif melaksanakan tugas di masing satuan dan tingkat pendidikan.

Di samping program yang sudah diselenggarakan oleh pemerintah, Keberadaan Kelompok Kerja Guru (KKG) memegang peranan penting. KKG merupakan "bengkel" bagi para guru dalam satu sekolah atau satu gugus sekolah yang terdekat. Sebagai bengkel, tentunya, segala kekurangan/kerusakan bisa diperbaiki di KKG.

________

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya

05 Sep
Balas

Terima kasih, Bunda. Baarakallah

05 Sep



search

New Post