Karnain Abidin

Lahir di Rupe (Bima) pada tanggal 27 Juni 1971, Pendidikan: S1 PLB Universitas Negeri Makassar (UNM) 2000, S2 PIPS Kanjuruhan Malang (Unikama) 2016, Mo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjelajahi Laut Keluarga Terpaut

Menjelajahi Laut Keluarga Terpaut

#TantanganGurusiana

#H373

Manusia terlahir dengan dua sisi yang, antara satu dengan lainnya, tidak bisa dipisahkan. Sisi individu dan sisi sosial. Kedua sisi itu harus jalan beriring. Sebagai makhluk sosial manusia selalu memerlukan orang lain. Kapanpun dan di manapun selalu membutuhkan kerjasama, saling membantu, dan saling mendukung dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Salah satu cara untuk mewujudkan hal itu ialah dengan selalu melakukan saling kunjung. Dalam agama Islam disebut dengan silaturahmi. Menjalin silaturahmi merupakan salah satu cara menjalin persatuan dan persaudaraan.

Alhamdulillah, hari ini saya masih bisa melakukan silaturahmi dengan keluarga. Kali ini masih dengan menyeberangi laut teluk Waworada. Teluk di selatan Kabupaten Bima.

Ada banyak hikmah yang saya dapatkan dalam perjalanan hari ini. Keluarga yang sudah lama tidak bertemu, berkumpul dalam satu tempat pada satu waktu. Semua sanak saudara berbaur jadi satu. Anak-anak diperkenalkan dengan para sepupu, nenek, kakek, serta sanak famili lainnya.

Manfaat lain dari silaturahmi ialah menguatkan ukhuwah. Keluarga besar menjadi kuat dan saling menguatkan. Tidak ada jurang pemisah antara yang kaya dan miskin. Justru dengan perbedaan itulah sehingga saling membutuhkan.

****

Bima, 23 Januari 2021

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannta, Pak. Salam literasi

23 Jan
Balas

Makasih sudah mampir. Salam literasi.

25 Jan

Makasih sudah mampir. Salam literasi.

25 Jan

laut bukanlah halangan untuk menguatkan tali silaturahim, semuanya kembali pada niatnya. salam literasi pak.

24 Jan
Balas

Benar banget, Bunda. Salam literasi.

25 Jan



search

New Post