Kartika Diah Hapsari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring

PEMBELAJARAN DARING

LATAR BELAKANG

Keadaan saat ini dalam menghadapi pandemi covid-19 menjadikan para pelajar berkurang

bahkan kehilangan hak nya untuk untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Berkurang

atau bahkan tidak adanyanya proses pembelajaran melalui tatap muka serta minimnya interaksi

antara guru dengan siswa menjadikan terhambatnya proses transfer knowledge dan

pengembangan karakter siswa.

Karena minimnya pertemuan dengan siswa dalam kelompok belajar serta waktu yang di batasi

dan kendala protokol kesehatan, sedangkan materi pembelajaran yang banyak maka dibutuhkan

frekuensi interaksi yang lebih antara guru untuk menyampaikan semua materi pembelajaran

kepada siswa melalui daring dengan memanfaatkan whatsup grup .sehingga selain diadakan

pertemuan tatap muka melalui kunjungan kelompok juga disertai dengan pembelajaran daring

sehingga semua materi pembelajaran dapat diberikan kepada siswa.

Selain itu untuk menumbuhkan karakter pelajar pancasila berjiwa kepemimpian kepada siswa

perlu dilakukan pembelajaran yang inovatif dan bervariasi sehingga munculnya motivasi

intrinsik dari diri siswa.

Dan untuk menumbuhkan pembiasan yang telah dilakukan dan sudah berjalan perlu kolaborasi

dengan orang tua siswa untuk memantau pelaksaana pembiasaan di rumah sehingga siswa telah

tumbuh dan sadar tentang karakter pembiasaan cuci tangan serta hafalan surat pendek.

Dengan adanya pembelajaran daring melalui grup wahatsup dan apalikasi lain dalam

pembelajaran membantu siswa untuk tetap menerima materi pembelajaran sehingga masa

pandemi saat ini tidak menghambat siswa untuk belajar.

TUJUAN

1. Berinovasi untuk menambahkan frekuensi interaksi dengan siswa, yaitu melalui pola

pembelajaran secara daring dengan kelompok belajar mengunakan wahat up grup

2. Merancang pembelajaran yang dapat merangsang siswa berinovasi dengan pemanfaatan

teknologi

3. Berkolaborasi dengan siswa yang aktif untuk menjadi penghubung dan membantu

kesulitan temannya.

TOLOK UKUR

1. Terlaksananya pembelajaran daring melalui whats up grup melalui kelompok belajar

2. Siswa mampu memanfaatkan teknologi dengan menghasilkan karya yang inovatif

3. Siswa mampu berkolabarasi dengan teman untuk membentuk karakter kepimimpinan

pada siswa melalui pembelajaran daring

DESKRIPSI AKSI NYATA

Dengan kondisi pandemi saat ini yang melarang adanya tatap muka, serta mengharuskan untuk

Pmelaksanakan pembelajaran jarak jauh maka di sekolah tepatnya di SD Negeri Pakijangan 01

juga mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh dengan segala kekurangnya karena tidak

semua siswa mempunyai gawai dan kuoata internet, namun dengan dibentuknya kelompok

belajar dengan mengkelompokan siswa yang mempunyai gawai dengan letak rumah berdekatan

membantu siswa untuk tetap melaksanakan pembelajaran daring dengan memanfaatkan grup

whats up untuk penggunaan aplikasi google meet.

Untuk kuota internet, sekolah membagikan kuota gratis dari salah satu provider jaringan seluler

yang membantu pelaksaknaaan pembelajaran secara daring.

Aksi nyata ini dilakukan dimulai tanggal 16 November 2020 sampai dengan 28 November 2020

dikarenakan tanggal 30 November 2020 di sekolah mengadakan penilaian akhir semester satu.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ), guru membentuk kelompok belajar

berdasarkan siswa yang mempunyai gawai dengan letak rumah yang berdekatan, sehingga

memudahkan siswa untuk belajar atau menerima informasi, sedangkan untuk pelaksanaannya

guru memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada orang tua murid, sehingga orang tua murid

dapat mendukung dan membantu siswa dalam mengikuti pembelajaran daring melalui what up

grup dan google meet

Linimasa tindakan yang akan dilakukan

Minggu 1 Memohon ijin kepada kepala sekolah tentang kegiatan yang akan di lakukan

Sosilaisasi dengan orang tua siswa tentang pembelajaran secara daring

melalui kelompok belajar

Minggu 2 Pelaksanaan pembelajaran secara daring melalui whatsup grup dan google

meet secara berkelompok

Minggu 3 Mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan

HASIL AKSI NYATA

Hasil dari kegiatan pembelajaran melaui daring yaitu :

1. Bertambahnya frekuensi interaksi dengan siswa yaitu melalui pembelajaran daring

menggunakan wahats up grup

2. Meningkatnya motivasi belajar siswa yang terlihat antusias siswa dalam mengikuti

proses pembelajaran dengan memilki kreatifitas siswa untuk membuat video berupa

pantun atau puisi

3. Siswa dapat bekerjasama dengan teman satu kelompok dan menjadi penghubung serta

membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar

KEGAGALAN

Kegagalan pembelajaran yang di dapat dari pelaksanaan aksi nyata ini adalah :

1. Sulitnya mengumpulkan siswa yang tidak mempunyai gawai untuk bergabung

dengan teman yang mempunyai gawai

KEBERHASILAN

Keberhasilan yang di dapat dari pelaksanaan kegiatan aksi nyata yaitu :

1. Mampu menciptakan suasana pembelajaran yang baru

2. Siswa telihat antusias terhadap proses pembelajaran yang baru

PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT DARI KEGIATAN

Pembelajaran yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah terciptanya suasana belajar yang baru

dengan situasi yang baru sehingga dapat meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti

pembelajaran walaupun harus berbagi gawai. Dari hasil aksi nyata yang di sampaikan bahwa

kegiatan pembelajaran secara daring melalui grup whats up berjalan dengan baik.

RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG

Rencana perbaikan di masa mendatang yaitu untuk kegiataan pembelajaran daring dapat terus

dilaksanakan selama sekolah belum dibolehkan untuk membuka pertemuan tatap muka. Selain

itu pembelajaran daring dapat konsisten berjalan dengan lancar dengan membuat jadwal

pembelajaran di setiap kelompok belajar sehingga memudahkan siswa yang tidak mempunyai

gawai untuk bergabung dan bekerja kelompok untuk melaksanakan pembelajaran secara daring.

Berkomunikasi lebih intens terhadap orang tua sehingga orang tua lebih memperhatikan dan

mendampingi anaknya untuk tetap belajar menggunakan gawai.

Dokumentasi

Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet

Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet

Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet

Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi!

09 Oct
Balas

Mantap ulasannya

09 Oct
Balas



search

New Post