Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring
PEMBELAJARAN DARING
LATAR BELAKANG
Keadaan saat ini dalam menghadapi pandemi covid-19 menjadikan para pelajar berkurang
bahkan kehilangan hak nya untuk untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Berkurang
atau bahkan tidak adanyanya proses pembelajaran melalui tatap muka serta minimnya interaksi
antara guru dengan siswa menjadikan terhambatnya proses transfer knowledge dan
pengembangan karakter siswa.
Karena minimnya pertemuan dengan siswa dalam kelompok belajar serta waktu yang di batasi
dan kendala protokol kesehatan, sedangkan materi pembelajaran yang banyak maka dibutuhkan
frekuensi interaksi yang lebih antara guru untuk menyampaikan semua materi pembelajaran
kepada siswa melalui daring dengan memanfaatkan whatsup grup .sehingga selain diadakan
pertemuan tatap muka melalui kunjungan kelompok juga disertai dengan pembelajaran daring
sehingga semua materi pembelajaran dapat diberikan kepada siswa.
Selain itu untuk menumbuhkan karakter pelajar pancasila berjiwa kepemimpian kepada siswa
perlu dilakukan pembelajaran yang inovatif dan bervariasi sehingga munculnya motivasi
intrinsik dari diri siswa.
Dan untuk menumbuhkan pembiasan yang telah dilakukan dan sudah berjalan perlu kolaborasi
dengan orang tua siswa untuk memantau pelaksaana pembiasaan di rumah sehingga siswa telah
tumbuh dan sadar tentang karakter pembiasaan cuci tangan serta hafalan surat pendek.
Dengan adanya pembelajaran daring melalui grup wahatsup dan apalikasi lain dalam
pembelajaran membantu siswa untuk tetap menerima materi pembelajaran sehingga masa
pandemi saat ini tidak menghambat siswa untuk belajar.
TUJUAN
1. Berinovasi untuk menambahkan frekuensi interaksi dengan siswa, yaitu melalui pola
pembelajaran secara daring dengan kelompok belajar mengunakan wahat up grup
2. Merancang pembelajaran yang dapat merangsang siswa berinovasi dengan pemanfaatan
teknologi
3. Berkolaborasi dengan siswa yang aktif untuk menjadi penghubung dan membantu
kesulitan temannya.
TOLOK UKUR
1. Terlaksananya pembelajaran daring melalui whats up grup melalui kelompok belajar
2. Siswa mampu memanfaatkan teknologi dengan menghasilkan karya yang inovatif
3. Siswa mampu berkolabarasi dengan teman untuk membentuk karakter kepimimpinan
pada siswa melalui pembelajaran daring
DESKRIPSI AKSI NYATA
Dengan kondisi pandemi saat ini yang melarang adanya tatap muka, serta mengharuskan untuk
Pmelaksanakan pembelajaran jarak jauh maka di sekolah tepatnya di SD Negeri Pakijangan 01
juga mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh dengan segala kekurangnya karena tidak
semua siswa mempunyai gawai dan kuoata internet, namun dengan dibentuknya kelompok
belajar dengan mengkelompokan siswa yang mempunyai gawai dengan letak rumah berdekatan
membantu siswa untuk tetap melaksanakan pembelajaran daring dengan memanfaatkan grup
whats up untuk penggunaan aplikasi google meet.
Untuk kuota internet, sekolah membagikan kuota gratis dari salah satu provider jaringan seluler
yang membantu pelaksaknaaan pembelajaran secara daring.
Aksi nyata ini dilakukan dimulai tanggal 16 November 2020 sampai dengan 28 November 2020
dikarenakan tanggal 30 November 2020 di sekolah mengadakan penilaian akhir semester satu.
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ), guru membentuk kelompok belajar
berdasarkan siswa yang mempunyai gawai dengan letak rumah yang berdekatan, sehingga
memudahkan siswa untuk belajar atau menerima informasi, sedangkan untuk pelaksanaannya
guru memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada orang tua murid, sehingga orang tua murid
dapat mendukung dan membantu siswa dalam mengikuti pembelajaran daring melalui what up
grup dan google meet
Linimasa tindakan yang akan dilakukan
Minggu 1 Memohon ijin kepada kepala sekolah tentang kegiatan yang akan di lakukan
Sosilaisasi dengan orang tua siswa tentang pembelajaran secara daring
melalui kelompok belajar
Minggu 2 Pelaksanaan pembelajaran secara daring melalui whatsup grup dan google
meet secara berkelompok
Minggu 3 Mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan
HASIL AKSI NYATA
Hasil dari kegiatan pembelajaran melaui daring yaitu :
1. Bertambahnya frekuensi interaksi dengan siswa yaitu melalui pembelajaran daring
menggunakan wahats up grup
2. Meningkatnya motivasi belajar siswa yang terlihat antusias siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran dengan memilki kreatifitas siswa untuk membuat video berupa
pantun atau puisi
3. Siswa dapat bekerjasama dengan teman satu kelompok dan menjadi penghubung serta
membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar
KEGAGALAN
Kegagalan pembelajaran yang di dapat dari pelaksanaan aksi nyata ini adalah :
1. Sulitnya mengumpulkan siswa yang tidak mempunyai gawai untuk bergabung
dengan teman yang mempunyai gawai
KEBERHASILAN
Keberhasilan yang di dapat dari pelaksanaan kegiatan aksi nyata yaitu :
1. Mampu menciptakan suasana pembelajaran yang baru
2. Siswa telihat antusias terhadap proses pembelajaran yang baru
PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT DARI KEGIATAN
Pembelajaran yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah terciptanya suasana belajar yang baru
dengan situasi yang baru sehingga dapat meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti
pembelajaran walaupun harus berbagi gawai. Dari hasil aksi nyata yang di sampaikan bahwa
kegiatan pembelajaran secara daring melalui grup whats up berjalan dengan baik.
RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG
Rencana perbaikan di masa mendatang yaitu untuk kegiataan pembelajaran daring dapat terus
dilaksanakan selama sekolah belum dibolehkan untuk membuka pertemuan tatap muka. Selain
itu pembelajaran daring dapat konsisten berjalan dengan lancar dengan membuat jadwal
pembelajaran di setiap kelompok belajar sehingga memudahkan siswa yang tidak mempunyai
gawai untuk bergabung dan bekerja kelompok untuk melaksanakan pembelajaran secara daring.
Berkomunikasi lebih intens terhadap orang tua sehingga orang tua lebih memperhatikan dan
mendampingi anaknya untuk tetap belajar menggunakan gawai.
Dokumentasi
Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet
Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet
Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet
Proses pembelajaran daring menggunakan g-meet
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi!
Mantap ulasannya