Kartolo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KISAH AWAL MULA GUNUNG MENUMBING (bag.II)

Ki Batin memiliki kesaktian yang belum pernah ada yang menandinginya. Jangankan untuk berhadapan langsung, mendengar namanya saja orang akan sangat ketakutan .Apalagi bila ia sedang marah maka erangannya akan membuat halilintar turun disertai sambaran petir. Rambutnya yang panjang tergerai tidak satupun yang berani menyentuhnya, seakan menambah kesan seram bagi yang melihatnya. Konon menurut cerita bahwa si Rambut petir merupakan julukan bagi Ki Batin karena memiliki rambut yang tidak bisa sembarangan dipotong. Karena apabila dipotong sembarangan maka petir dan kilat akan menyambar bagi yang ingin memotong rambutnya. Selain itu tidak sembarangan orang yang dapat keluar-masuk hutan tempat tinggal Ki Batin. Tempat tinggalnya pun harus melalui hutan yang seram , aliran sungai yang mengalir kadang juga bertemu dengan burung buluh Perindu. Konon apabila ada yang mendengar suara burung buluh Perindu bernyanyi dengan suara yang merdu menyayat hati maka orang tersebut tidak akan dapat kembali dari hutan buluh Perindu atau tersesat hingga tidak tahu jalan pulang dan akhirnya mati di Hutan Buluh Perindu. Banyak yang penasaran untuk menemui Ki Batin namun apabila ia tidak berkehendak ditemui maka orang tersebut tersesat dan mati di hutan itu. Banyak yang ingin bertemu dengan Ki Batin dan tidak sedikit yang tak bisa untuk kembali dari hutan Buluh Perindu dan akhirnya mati di hutan tersebut. Banyak tulang belulang manusia berserakan menambah kesan angker hutan tersebut sehingga akhirnya hutan tersebut dinamai dengan hutan Setambun Tulang. Hanya orang-orang beruntung dan tertentulah yang mampu bertemu dengan Ki Batin dan dapat menerobos hutan Setambun Tulang. Ki Batin sangat menjaga kelestarian hutan yang dihuninya. Tidak seorangpun yang boleh mengambil hasil hutan tersebut tanpa sepengetahuannya. Bagi yang melanggar maka ia tak akan bisa kembali ke rumah dan tersesat didalam hutan itu.

Walaupun Ki Batin sangat ditakuti, namun ia juga disegani dan mau menolong orang yang ingin menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan kesaktiannya. Ki Batin juga terkenal dengan berbagai macam pengobatan tradisionalnya. Setiap yang datang berobat dengannya hampir semuanya sembuh. Konon Ki Batin memiliki seorang istri turunan dari khayangan yang cantik jelita yang selalu setia menemaninya, Nyi Kuntil begitu panggilan namanya. Nyi Kuntil merupakan bidadari yang turun dari langit yang tidak dapat kembali ke khayangan, sehingga ia berkeliaran di bumi. Pada pengembaraannya di bumi Nyi Kuntil bertemu dengan Ki Batin, yang akhirnya memperistrikannya. Tempat tinggal Ki Batin tidak dapat digambarkan, karena terkadang ada yang bertemu dengannya di sebuah istana yang megah yang dibawahnya mengalir sungai Buluh Perindu, namun tidak jarang juga ada yang melihatnya tinggal diatas batu diatas bukit.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya jadi takut dan tidak ingin bertemu Ki Batin, menyeramkan. Namun, Ki Batin mau juga memberikan pertolongan bagi orang yang sakit. Alhamdulillah. Jika tidak, alangkah mengerikannya Ki Batin. Nyi Kuntil yang cantik, meski namanya nyerempet mahluk astral yang sering diceritakan...hiiii. Maaf pak guru, kalau boleh diganti namanya biar gak menambah keseraman Ki Batin...hehehe. Lanjuuuttttttt. Ditunggu cerita selanjutnya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak guru.

22 Nov
Balas

Terima kasih bu masukannya, maklum baru ikut sagu sabu Bangka Barat 14 nop 2018

23 Nov

Saya pengagum penulis cerita yang berlatar belakang budaya dan sejarah. Karena cerita seperti ini butuh pengetahuan yang luar biasa. Jatuh hati ❤ saya pada ceritanya, Pak. Ditunggu kisah selanjutnya! Pak Kartolo dari Bangka ya?

22 Nov
Balas

Iya bu asli Bangka, maaf bu baru belajar menulis cerita, jadi mohon petunjuk

23 Nov

Mohon maaf apabila dalam penulisan ada tempat dan nama yang sama dengan cerita tersebut, itu merupakan imajinasi penulis saja

22 Nov
Balas



search

New Post