Karyani Sukaningsih

Karyani Sukaningsih adalah guru SMPN 48 Surabaya. Saya mengajar mapel Bahasa Indonesia ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Lahir Pancasila
https://images.app.goo.gl/sCBszVsqxkRxKsuF8

Hari Lahir Pancasila

151. Hari Lahir Pancasila

Hari ini 1 Juni merupakan hari lahir Pancasila. Lahirnya Pancasila ini tidak terlepas dari perjuangan para tokoh negara RI. Mereka adalah Mohammad Yamin, Dr. Soepomo dan Ir. Soekarno pada saat sidang BPUPKI.

Mereka menyampaikan usulan sila-sila dalam Pancasila. Karena masih belum ada kesepakatan, Ir. Soekarno menyampaikan usulanya tepat pada tanggal 1 Juni. Usulan tersebut mendapat persetujuan dari panitia Sembilan. Akhirnya usulan Ir. Soekarno dijadikan sebagai dasar negara. Oleh karena itu, Bapak Presiden Jokowi menetapkan 1 Juni resmi sebagai Hari Lahir Pancasila lewat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Pada 2022 ini, peringatan hari Pancasila diselenggarakan di Ende. Dalam pidatonya, Presiden mengatakan bahwa refleksi terhadap Hari Lahir Pancasila sejatinya akan menghantarkan bangsa Indonesia pada banyak pembelajaran dan kearifan yang diberikan oleh para pendiri bangsa (founding fathers). Perumusan Pancasila merupakan langkah visioner yang ditempuh oleh para pendiri bangsa yang peduli akan pentingnya sebuah dasar negara sebagai landasan eksistensi dan dinamika Indonesia pasca kemerdekaan.

Selamat memperingati hari Pancasila semoga kita generasi penerus dapat meneladani nilai-nilai Pancasila dan berahklakul karimah.

Surabaya,1 Juni 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informatif Bunda. Generasi mudah harus baca ini. Sukses selalu Bunda.

02 Jun
Balas

Ulasannya keren Bunda.

01 Jun
Balas



search

New Post