Kasnidasagmpd

Pendidik di MAN 2 Batusangkar dan MAS Thawalib Tanjung Limau, ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karakter kerja keras

Karakter kerja keras

Penanaman karakter kerja keras

Kasnida

Allah yang memuliakan orang orang yang bisa makan hasil usahanya sendiri, sebagaimana nabi Daud as. Juga makan dengan hasil usaha kedua tangannya.

Saat masih kecil, mendiang guru Angku Zamzami di KM Muhammadiyah dahulunya, sebuah karakter yang terpatri dalam jiwa orang Minangkabau. Saat dia pergi ke rumah saudaranya, dia tidak akan mau makan sebelum tangannya berkubang. Artinya dia tidak akan makan begitu saja sebelum bekerja terlebih dahulu. Bahkan ayah juga selalu berpesan, biarlah tanduk berkubang asalkan perut kenyang. Artinya apa. Orang Minang tidak akan mau menerima pemberian dari orang lain secara cuma cuma. Mereka akan bangga makan dari usahanya sendiri. Bahkan dalam istilah lain, muncul dulu peluh di badan, maka makan akan enak di rumah orang tersebut.

Karakter ini, melihatkan bagi orang Minang untuk selalu bekerja keras.

Mereka tidak akan tentram menikmati pemberian seseorang, karena setiap pemberian yang cuma cuma itu, pasti ada balasan nya. Terkenal juga dengan ada udang dalam bawang.

Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus, maka bersihkan pangkalnya. Maksudnya apa. Yang diperoleh dan dinikmati itu adalah hasil dari usaha dan upaya. Sama halnya dengan mengisi jawaban ujian yang dilakukan siswa saat ini.

Penanaman karakter untuk tidak bangga menerima bantuan jawaban dari teman, namun sebaliknya banggalah dengan hasil yang telah kita peroleh atas hasil usaha sendiri.

Kasnida.batu basa 7 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu Kasnida, sukses selalu ya Bu

07 Jun
Balas



search

New Post