Kasnidasagmpd

Pendidik di MAN 2 Batusangkar dan MAS Thawalib Tanjung Limau, ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendidik kader muda

Mendidik kader muda

Mendidik Kader muda

Kasnida

Bulan ramadan, sebagai bulan ampunan dosa dosa yang berlalu. Sehingga semua umat Islam berduyun duyun mengisi ramadan, terutama mendirikan qiyamul lail.

Qiyamul lail, yang dimaksud adalah sholat isya dan tarawih. Pelaksanaan sholat ini sering disebut oleh anak anak balita, sholat yang banyak.

Hari pertama pelaksanaan sholat tarawih bersama, banyak diantara anak balita yang merasa lelah, bosan dan lama sekali. Ada juga yang sampai menangis.

Rasa bosan dan tangisan anak balita membuat suasana masjid hiruk pikuk, jangankan anak balita, anak anak remaja saja, masih banyak mereka yang tidak betah duduk di masjid berlama lama, mereka ke masjid hanya karena terpaksa mencatat dan mengisi baju agenda ramadan yang diberikan oleh sekolah mereka masing masing.

Hiruk pikuknya masjid dengan suara remaja dan anak balita yang tidak disenangi oleh kaum tua. Di sini perlu kesabaran orang dewasa untuk mendidik mereka menjadi anak yang berguna.

Orang dewasa jangan memarahi mereka, namun orang dewasa perlu mengajarkan, memberikan contoh yang baik. Pendidikan karakter tidak bisa sekali didik sajak, namun perlu pembiasaan. Bagaimana tata tertib sholat berjamaah, perlu pembiasaan dan tidak cukup dengan teori pengetahuan yang diterima di madrasah atau sekolah secara jalur pendidikan saja, namun praktek kesehatan yang terpenting dan akan mencekam dalam benak anak anak, apalagi bagi mereka masih kecil, mereka akan lebih cepat menyerap dengan apa yang mereka lihat secara nyata bukan dengan teori. Mendidik karakter perlu pembiasaan sejak dini. Bila ada anak yang ribut, heboh di masjid hari ini, in sya Allah masa yang akan datang mereka yang akan menjadi penggerak kegiatan ramadan di masjid, sebaliknya jika hari ini mereka dijauhkan dari masjid karena kecerobohan dan kealpaan mereka sudah pasti rasa ketertarikan hati dan jiwanya terhadap masjid akan sirna begitu saja.

Mari sama menjaga, dan membentuk kader umat yang militan dengan semangat kebersamaan dan saling pengertian satu sama lain. Buang keegoisan diri yang bisa bikin prestasi. Selamat menunaikan ibadah puasa .

Kasnida

Batu basa 25 maret 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post