Kenti Sundari

Saya lahir di Tawangmangu Kabupaten karanganyar Porpinsi Jawa Tengah. Saya mengajar di SMP di Jakarta Barat, mulai 1 November 2000. Sebelumnya saya mengajar di...

Selengkapnya
Navigasi Web

TAMAN 3R SALJU

Ini adalah taman yang dibuat oleh guru prakarya kami yang memang unik dan sangat kreatif membentuk barang-barang bekas menjadi bahan yang bermanfaat. Semua barang bekas jika sudah dipegang olehnya, akan menjadi barang yang berguna. Kertas dan plastik limbah, bahkan tali bekas ikatan semua barang dipegang, dan taraaam…berubah menjadi keranjang atau bola takraw dari tali plastik dan keranjang sayur.

Kali ini anak-anak diberinya tugas membuat bunga dari bahan tas plastik bekas dan diseterika. Saya agak bingung atika melihat anak-anak membawanya, saya memperhatkan dengan seksama, kenapa warnanya benar-benar seperti daun-dun yang sesungguhnya? Sayapun bertanya kepada anak-anak bagaimana cara membuatnya, dan mereka menjelaskannya dengan detil. Saya menjadi yakin mereka mengerjakan sendiri karya-karya ini.

Kebanyakan memang bunga-bunga berdaun bagus seperti keladi, sirih gading atau aglaonema buatan dari bermacam-macam plastik yang mereka cari, dan dibuat detil seperti bunga aslinya dengan warna atau bintik-bintiknya. Gemes melihatnya. Memang ada beberapa yang masih agak kasar karena meletakkan tangkainya di uar daun, tapi setelah anak lain yang hasilnya kurang memuaskan itu, ternyata yang lain diberi pengarahan sehingga yang mengumpulkan belakangan hasilnya bagus-bagus.

Pak Suharyana, guru Prakarya di sekolah kami (SALJU-SMP Negeri 197 Jakarta) meletakkan bunga- bunga plastik itu di samping tangga menuju lantai dua dan tiga, yang tadinya sering dilempari sampah oleh anak-anak, dengan demikian sekarang sudah aman, karena berubah menjadi taman 3R yang sangat menarik. Dia memint kami memberi nama taman tersebut, dan diberinya nama Taman 3R Plastik, sebenrnya karena papan bekas yang ditemukannya kurang Panjang, nama lengkapnya adalah taman 3R Plastik “SALJU”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post