khairiyati

Teruslah menulis....mana tahu di antara tulisan kita bisa mengispirasi dan memotivasi orang lain... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hubungan Kakak Adik

Hubungan Kakak Adik

#56

Tidak seperti keluarga pada saat ini kebanyakan keluarga kecil terdiri dari ayah ibu dengan dua orang anak. Kami adalah keluarga besar karena ayah dan ibu mempunyai anak yang banyak, saya delapan bersaudara. Walaupun pada akhirnya kami tinggal berlima, karena tiga orang saudara kami sudah kembali ke sisi pemiliknya sewaktu mereka masih bayi.

Entah sudah mendapat firasat akan cepat meninggalkan kami, ayah pernah berpesan kepada kakak tertua bahwa nanti ketika beliau sudah pensiaun sementara dua anaknya yang kecil baru akan kuliah, maka ayah meminta kakak pertama dan kedua membantu membiayai kuliah adik-adiknya nanti.

Kita yang dilahirkan oleh ayah ibu yang sama atau ayah yang sama dan ibu yang berbeda atau sebaliknya adalah hubungan yang diikat dengan tali darah. Ikatan ini sangat kuat karena pada masing-masing kita mengalir darah yang sama. Walaupun punya ikatan tali darah yang kuat tidak serta merta hubungan itu juga sekuat ikatan darah yang mengalir di tubuh mereka.

Beberapa kasus yang mengemuka, antara anggota saudara kakak dan adiknya terjadi konflik yang dilatar belakangi oleh berbagai hal seperti harta. Masing-masing pihak ngotot kalau merekalah yang paling berhak atas harga yang dimiliki dan ditinggalkan oleh orang tua mereka. Terlebih lagi kalau orang tua belum membagi harta tersebut kepada anak-anakanya. Berbagai cara ditempuh agar keinginannya bisa tercapai walaupun harus berakhir di pengadilan. Mereka telah dibutakan oleh harta sehingga menyebabkan ikatan tali darah mereka putus karenanya.

Pada kasus yang lain seorang saudara yang sudah berhasil dalam pekerjaan dan kehidupan ekonomi, membiarkan saudaranya yang tengah kekurangan. Tidak tersentuh hatinya untuk mengulurkan tangan membantu saudaranya yang sedang kesusahan.

Saudara adalah tempat kita berbagi kebahagiaan dan kesedihan. Apa artinya kita mengaku-ngaku bersaudara kalau antara satu dan lainnya tidak tercermin ikatan yang kuat, tidak saling tolong menolong, saling iri dan bermusuhan.

Saudara yang baik adalah orang yang berdiri di barisan paling depan ketika dibutuhkan, yang memberikan ketenangan dan kehangatan kepada saudaranya yang lain dan memberikann bantuan finansial kepada saudaranya yang kekurangan, serta membela hak-hak saudaranya bila ada yang merampasnya.

Gambar https://www.google.com/search?q=gambar+saudara+kartun&safe=strict&rlz=1C1GCEA_enID919ID919&sxsrf=ALeKk03xIAi3_-MGVCwAirK06eXBUYeeNg:1614179708233&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=T3ek7nIMnY8FGM%252C_oZf

Payakumbuh, 24-02-2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab ulasannya bu. Sehat dan sukses selalu

24 Feb
Balas

Terimakasih Pak...Doa yang sama untuk bapak

25 Feb



search

New Post