khairiyati

Teruslah menulis....mana tahu di antara tulisan kita bisa mengispirasi dan memotivasi orang lain... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kunci Kesuksesan

Kunci Kesuksesan

#40

Anak adalah harta yang tidak terhingga nilainya, orang tua rela melakukan apapun demi kebahagian anak-anaknya dan menjaga mereka dengan sepenuh hati. Karena besarnya tanggung jawab orang tua kepada anak, maka dalam pegasuhannya tentu harus diperhatikan beberapa hal, agar anak memperoleh kebahagian tidak saja di dunia tapi juga di akhirat.

Apa saja kiat-kiat yang bisa kita lakukan agar anak memperoleh kesuksesan. Yuk kita simak satu persatu.

1. Didik anak-anak agar mereka punya prinsip dalam hidup (istiqamah)

Anak-anak tidak hidup pada zaman bapak dan ibunya tetapi mereka hidup di zaman yang berbeda dengan orang tua mereka. Banyak terjadi perubahan-perubahan yang akan ia jumpai. Oleh karena itu orang tua hendaklah menanamkan prinsip-prinsip kepada mereka agar mereka tidak mudah terbawa arus oleh pemikiran yang menyesatkan.

Pertama tanamkan prinsip berketuhanan agar ia tetap berpegang teguh kepada akidahnya, sebagaimana yang diajarkan oleh Luqman kepada anaknya jangan mensyarikatkan Allah. Apabila prinsip ini sudah mengakar dalam diri dan jiwanya. Dimana pun ia berada akan tetap berpegang teguh kepada keyakinan tersebut.

Yang ke dua perlu ditanamkan prinsip-prinsip kehidupan seperti jujur, amanah, tanggung jawab dan setia kawan. Agar mereka mampu menjadi pribadi yang punya integritas yang tinggi.

2. Mengajak anak untuk bermusyawarah

Bermusyawarah tidak selalu dilaksanakan oleh orang dewasa, anak-anak dari kecil hendaknya sudah dibiasakan untuk saling bertukar pikiran menyampaikan pendapatnya. Hindari untuk memaksakan kehendak kepada mereka karena sesuatu yang diputuskan dengan keterpaksaan maka hasilnya tidak akan baik, bahkan mungkin ini akan menjadi bumerang bagi anak. Dengan bermusyawah anak merasa dihargai.dan ia akan belajar menerima hasil dari kesepakatan yang telah dibuat.

3. Tanamkan kepercayaan diri

Tidak semua anak memiliki sikap percaya diri yang kuat, sebagian dari mereka tidak percaya dengan kemampuan yang ada dalam diri mereka. Orang tua hendaklah menanamkan dalam diri anak bahwa masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak semua anak harus hebat matematika atau juara menyanyi. Anak-anak itu baru dikatakan hebat apabila ia telah menemukan kelebihan yang ada dalam diri mereka dan mereka mampu mengembangkan atau menampilkannya dihadapan orang lain.

4. Mendidik dengan menanamkan kesabaran

Setiap keinginan tidak serta merta diperoleh dengan mudah, perlu ada usaha dan perjuangan untuk mencapainya. Dalam mewujudkan impian tentu tidak bisa diperoleh secara instan, butuh proses. Disinilah peran orang tua menanamkan kesabaran pada anak agar ia bersabar dengan tiap-tiap tahapan yang harus di tempuh demi mewujudkan impian atau keinginannya.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, semoga generasi berikutnya akan mampu menjadi sosok yang kuat dan siap menghadapi tantangan zamannya.

Payakumbuh, 09-02-2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post