Khalida Agustina

Guru IPA di MTsN 3 Medan...

Selengkapnya
Navigasi Web
MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMPMTs - KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (2)

MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMPMTs - KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (2)

TANTANGAN HARI KE 27

#TANTANGAN GURU SIANA

Klasifikasi Makhluk Hidup

1. IDENTITAS

a. Mata Pelajaran : IPA

b. Semester : 1(satu)/Ganjil

c. Kompetensi Dasar :

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

d. Materi Pokok : Membedakan Makhluk Hidup dan tak Hidup

e. Alokasi Waktu : 3 Jampel

f. Tujuan Pembelajaran :

Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi, tanya jawab, analisis, penugasan, dan presentasi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat :

Melakukan pengamatan terhadap makhluk

hidup dan benda tak hidup.

1. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.

2. Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup

3. Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.

4. Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.

5. Membuat table ciri-ciri makhluk hidup dan tidak hidup

g. Materi Pembelajaran :

g. Bacalah Buku Teks Pelajaran (BTP): IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang materi Membedakan Makhluk Hidup dan tak Hidup

2. .PETA KONSEP

3. PROSES BELAJAR

a. Pendahuluan

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya ciri-ciri kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri kehidupan antara lain bergerak, bernapas, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, memerlukan nutrisi, dan peka terhadap rangsang. Benda mati tidak memiliki ciri-ciri tersebut.

b. Inti

Kegiatan belajar 1

Lakukan kegiatan berikut :

Ayo Kita Amati

Kegiatan Mengamati ciri-ciri kehidupan

Lakukan pengamatan tentang ciri-ciri kehidupan pada manusia, tumbuhan, dan hewan. Susunlah dalam Tabel berikut.

Tabel Ciri-ciri Kehidupan

Adakah persamaan ciri kehidupan pada manusia, tumbuhan, dan hewan?

Bandingkan dan Simpulkan

Bandingkan hasil pengamatanmu dan hasil pengamatan temanmu. Catat persamaan dan perbedaannya. Jika hasil pengamatanmu dikomunikasikan kepada orang lain, apakah orang tersebut memperoleh pemahaman yang sama? Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, hal penting apakah yang harus dirumuskan bersama? Diskusikan dalam kelompokmu.

Tuliskan jawabannya pada kolom berikut:

…………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………

Kegiatan belajar 2

Bacalah buku teks pelajaran (BTP) tentang ciri-ciri makhluk hidup, berilah penjelasan terhadap masing-masing ciri makhluk pada pernyataan di bawah !

1. Bernafas

………………………………………………………………………………………………

2. Bergerak

……………………………………………………………………………………………...

3. Berkembang Biak

……………………………………………………………………………………………

4. Tumbuh/Berkembang

……………………………………………………………………………………………..

5. Memerlukan makanan

………………………………………………………………………………………………

6. Iritabilita

………………………………………………………………………………………………

7. Mengeluarkan zat sisia

……………………………………………………………………………………………

Penutup

Setelah kamu belajar ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Anda terhadap materi yang sudah dipelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKBM ini di tabel berikut!

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam buku teks pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan yang kurang kamu pahami yang sekiranya perlu Anda ulang dengan bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, lanjutkanlah ke UKBM berikutnya.

Berilah penilaian pada diri anda terhadap penguasaan materi dengan rentang nilai 0-100 pada kotak dibawah ini !

Kamu dapat menghitung nilaimu dengan rumus :

Tuliskan nilai perolehan pada kotak berikut:

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post