Khalida Agustina

Guru IPA di MTsN 3 Medan...

Selengkapnya
Navigasi Web
MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (3)

MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (3)

TANTANGAN HARI KE 28

#TANTANGANGURUSIANA

Klasifikasi Makhluk Hidup

1. IDENTITAS

a. Mata Pelajaran : IPA

b. Semester : 1(satu)/Ganjil

c. Kompetensi Dasar :

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

d. Materi Pokok : Mengelompokkan Mahluk Hidup BerdasarkanPrinsip Klasifikasi

e. Alokasi Waktu : 5 Jampel

f. Tujuan Pembelajaran :

Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi, tanya jawab, analisis, penugasan, dan presentasi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat :

1. Mengelompokkan makhluk hidup tumbuhan berdasarkan prinsip klasifikasi.

2. Mengelompokkan makhluk hidup hewan berdasarkan prinsip klasifikasi

3. Mengindentifikasi cara memberi nama ilmiah tumbuhan dan hewan

4. Membuat kunci determinasi

g. Materi Pembelajaran :

g. Bacalah Buku Teks Pelajaran (BTP): IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang materi Mengelompokkan Mahluk Hidup Berdasarkan

Prinsip Klasifikasi

2. .PETA KONSEP

3. PROSES BELAJAR

a. Pendahuluan

Pernahkah kamu ke pasar tradisional? Pernahkah kamu memerhatikan para pedagang

mengelompokkan barang-barang dagangannya? Ada kelompok sayuran, dan ada kelompok buah-buahan. Adapula kelompok barang kebutuhan pokok, dan lain-lain. Pernahkah kamu memerhatikan macam-macam hewan di sekitarmu? Ada hewan piaraan, ada hewan ternak, dan ada hewan liar. Masih banyak lagi aneka ragam makhluk hidup yang ada di bumi yang beragam jenis sifat serta ciri-cirinya. Untuk mempermudah dalam mempelajari keanekaragaman makhluk hidup tersebut, manusia melakukan pengelompokan makhluk hidup. Pengelompokan makhluk hidup dinamakan klasifikasi.

b. Inti

Bacalah di buku teks pelajaran (BTP) mengenai cara mengelompokkan makhluk hidup, apa tujuannya dan bagaimana dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup. Lakukan kegiatan berikut!

Kegiatan belajar 1

Cara Mengelompokkan Tumbuh-tumbuhan

Alat dan Bahan :

Carilah gambar dari tumbuhan/pohon berikut :

1. bayam,

2. kacang panjang,

3. padi,

4. kentang,

5. Kacang kedelai,

6. Bunga melati

7. Bunga kamboja,

8. Sawi

9. Cemara

10. Ubi rambat,

11. Kol

Cara Kerja :

1. Amati gambar ke 11 tumbuhaan/pohon, beri kode misal, (a) bayam, (b) kacang panjang,…

2. Tuliskan ciri-ciri akar (serabut/tunggang), batang (bercabang/ tidak bercabang), tulang daun (menyirip/menjari/sejajar).

3. Kelompokkan tumbuhan-tumbuhan tersebut berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki.

4. Catat data yang kamu peroleh dalam tabel seperti di bawah ini.

5. Dari tumbuhan yang sudah kamu deskripsikan cirinya, tuliskan manfaat tumbuhan tersebut dan kelompokkan ke dalam tanaman hias atau tanaman pangan.

6. Tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu.

7. Tunjukkan hasilnya pada guru.

Kegiatan belajar 2

Cara mengelompokkan hewan

Apa yang perlu disiapkan?

1. Beberapa hewan, seperti belalang, capung, kupu-kupu, udang, semut, cacing, lalat, kaki seribu, atau hewan-hewan yang mudah ditemukan di sekitarmu yang tidak berbahaya.

2. Pinset.

3. Kaca pembesar.

4. Nampan.

Lakukan langkah-langkah berikut.

1. Letakkan hewan yang akan diamati pada nampan. Gunakanlah pinset untuk memegang hewan tersebut.

2. Amatilah hewan tersebut dengan menggunakan kaca pembesar agar seluruh bagian tubuh hewan mudah diamati.

3. Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel berikut.

Bersama kelompokmu, tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu mengacu pada pertanyaan dibawah ini.

a. Tuliskan ciri-ciri yang dimiliki setiap hewan.

b. Hewan apa saja yang memiliki ciri-ciri yang sama?

c. Kelompokkan hewan-hewan yang memiliki ciri yang sama.

d. Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?

5. Tunjukkan hasilnya pada guru

Kegiatan belajar 2

Bacalah materi tentang cara memberi nama makhluk hidup, Klasifikasi Dikotom dan Kunci Determinasi di buku teks pelajaran (BTP). Untuk menguji penguasaan hasil bacaanmu kerjakan tugas berikut :

Ayo Berlatih

1. Bagaimanakah tata cara cara memberi nama makhluk hidup?

2. Lengkapi tabel urutan takson pada makhluk hidup berikut ini:

1. Tuliskan contoh kriteria klasifikasi tumbuhan:

2. Tuliskan contoh kriteria klasifikasi hewan :

3. Tuliskan hal-hal yang perlu dilakukan dalam pembuatan kunci determinsi :

Kegiatan belajar 3

Lakukan kegiatan berikut :

Bermain dengan Klasifikasi Dikotom

Pada kegiatan kali ini, kamu akan melakukan pengklasifikasian dikotom dengan simulasi dan menggunakan model (kertas origami).

1. Siapkan kertas origami 2 warna, masing-masing 2 helai.

2. Guntinglah kertas origami tersebut menjadi bangun datar berbentuk segitiga dan segiempat untuk kedua warna dengan masing-masing 2 ukuran besar dan kecil.

Sumber gambar: Dok. Kemdikbud

1. Kemudian, kelompokkan menjadi dua bagian. Kamu bebas dalam mengelompokkannya,

boleh berdasarkan bentuk, warna, atau ukuran. Kelompokkan berdasarkan persamaan

dan perbedaan dengan melihat ciri bentuk yang mudah diamati.

2. Masukkan hasil kerjamu ke dalam lingkaran yang telah disediakan, jangan lupa tuliskan

dasar pengelompokan pada garis yang telah disediakan. Gambar di bawah ini merupakan contoh bagan klasifikasi dikotom.

Kegiatan belajar 4

Lakukan kegiatan berikut!

1. Perhatikan gambar hewan-hewan di bawah ini!

2. Gunakan kunci determinasi sederhana berikut untuk menemukan nama hewan-hewan tersebut.

1. a. Hewan tak bertulang belakang................................................................................2

b. Hewan bertulang belakang

................................................................ 3

2. a. Tubuh lunak ....................................................................................................... Siput

b. Tubuh tidak lunak ..................................................................................................... 4

3. a. Bergerak dengan sirip ...........................................................................................Ikan

b. Bergerak tidak menggunakan sirip ........................................................................... 5

4. a. Jumlah kaki 3 pasang .................................................................................Kupu-kupu

b. Jumlah kaki 4 pasang ............................................................................... Labah-labah

5. a. Tubuh tertutup bulu .......................................................................................... Burung

b. Tubuh tidak tertutup bulu .............................................................................Harimau

4. Tulislah nomor dan nama yang cocok pada tabel seperti berikut!

Penutup

Setelah kamu belajar Mengelompokkan Mahluk Hidup Berdasarkan Prinsip Klasifikasi , berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Anda terhadap materi yang sudah dipelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKBM ini di tabel berikut!

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam buku teks pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan yang kurang kamu pahami yang sekiranya perlu Anda ulang dengan bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, lanjutkanlah ke UKBM berikutnya.

Berilah penilaian pada diri anda terhadap penguasaan materi dengan rentang nilai 0-100 pada kotak dibawah ini !

Kamu dapat menghitung nilaimu dengan rumus :

Tuliskan nilai perolehan pada kotak berikut:

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Samasama bu...

22 Feb
Balas

Wow keren, sukses ya Da

22 Feb
Balas

kak susi juga keren...tq kakak

23 Feb

Mantap! Terima kasih ilmunya, Bu.

22 Feb
Balas



search

New Post