Khalida Agustina

Guru IPA di MTsN 3 Medan...

Selengkapnya
Navigasi Web
MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (4)

MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (4)

TANTANGAN HARI KE 29

#TANTANGANGURUSIANA

Klasifikasi Makhluk Hidup

1. IDENTITAS

a. Mata Pelajaran : IPA

b. Semester : 1(satu)/Ganjil

c. Kompetensi Dasar :

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

d. Materi Pokok : Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan jenisnya

e. Alokasi Waktu : 5 Jampel

f. Tujuan Pembelajaran :

Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi, tanya jawab, analisis, penugasan, dan presentasi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat :

1. Menjelaskan pengertian makhluk hidup berukuran mikroskopis

2. Menyebutkan contoh makhluk hidup berukuran mikroskopis

3. Menggunakan mikroskop melihat makhluk hidup berukuran kecil

4. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berukuran kecil kelompok monera, protista. Jamur dan lumut

5. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup tingkat tinggi tumbuhan dan hewan

g. Materi Pembelajaran :

Bacalah Buku Teks Pelajaran (BTP): IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang materi Kelompok Makhluk Hidup Berukuran Kecil (Mikroskopis) dan tingkat tingggi

2. .PETA KONSEP

3. PROSES BELAJAR

a. Pendahuluan

Tahukah kamu bahwa ada makhluk hidup yang berukuran sangat kecil? Tempat hidupnya di mana-mana, misalnya di dalam tanah, dalam air, dalam sisa-sisa makhluk hidup, dalam tubuh manusia, bahkan dalam sebutir debu. Kamu dapat melihat bakteri Escherichia coli yang dilihat dengan mikroskop elektron dan dengan mikroskop cahaya menggunakan pewarnaan Gram.

Pada pengamatan makhluk hidup yang berukuran kecil, kamu memerlukan alat bantu yang disebut mikroskop. Sebelum memulai kegiatan ini, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu tentang mikroskop dan bagaimana cara menggunakan mikroskop tersebut. Bacalah buku teks pelajaran (BTP) dan mintalah panduan guru

b. Inti

Kegiatan belajar 1

Setelah mempelajari mikroskop, mari kita lanjutkan kegiatan berikut ini.

Mengamati makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam

Siapkan alat dan bahan berikut ini:

1. Air kolam yang warnanya hijau

2. Mikroskop

3. Pipet tetes

4. Kaca objek dan penutupnya

Lakukan kegiatan berikut.

1. Ambilah setetes air kolam yang warnanya hijau.

2. Teteskan pada kaca objek dan tutuplah dengan gelas penutup.

3. Amatilah makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam tersebut dengan mikroskop dimulai dari perbesaran lemah sampai perbesaran kuat.

4. Jika kamu belum menemukan makhluk hidup yang dicari, ulangilah kembali dari langkah 1.

5. Jika sudah menemukannya, gambarlah pada buku kerjamu.

Ingatlah

Pada pengamatan tersebut di atas, kamu akan menemukan makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Selnya memiliki membran inti (eukariotik), bersel tunggal (uniseluler), dan yang mampu berkembang biak. Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah kelompok Protista. Beberapa contoh kelompok Protista adalah Amoeba, Euglena, Paramecium, Dictyostelium discoideum, Saprolegnia sp., Physarium

polycephalum, Phytophtora infestans.

Kegiatan belajar 2

Pernahkah kamu melihat roti yang telah lama, kemudian pada bagian roti tersebut terdapat sesuatu seperti serat-serat berwarna putih kehitaman? Atau pernahkah kamu juga melihat nasi yang telah lama dibiarkan akan terdapat sesuatu yang berwarna orange? Ya..itu adalah jamur. Untuk mempelajari lebih lanjut lakukan kegiatan berikut :

Mengamati bagian-bagian tubuh jamur.

Menanya

Bagaimana bentuk jamur?

Mencoba

Apa yang perlu disiapkan?

1. Tempe

2. Jamur yang berukuran besar (jamur tiram putih, jamur merang, jamur kuping, atau jamur kayu)

3. Pinset

4. Air

5. Mikroskop

6. Gelas benda

7. Kaca penutup

8. Pipet tetes

Lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Ambillah bagian yang serupa serabut-serabut halus pada tempe dengan menggunakan pinset dan letakkan pada gelas benda. Kemudian, tetesi air dengan menggunakan pipet tetes dan tutuplah dengan kaca penutup. Amatilah di mikroskop dari perbesaran lemah ke perbesaran kuat.

2. Setelah terlihat di mikroskop, gambarlah di buku kerjamu hasil pengamatanmu dan berilah keterangan.

3. Ambillah jamur yang makroskopis, misalnya jamur tiram putih, jamur merang, jamur kuping, atau jamur kayu yang ada di lingkungan sekitarmu, Perhatikan bagian-bagiannya dan gambarlah di buku kerjamu, kemudian berilah keterangannya.

Kegiatan belajar 3

Bacalah di buku teks pelajaran (BTP) mu tentangtang peengelompokan tumbuhan (plantae) dan jenis tumbuhan berdasarkan morfologi. Lakukan kegiatan berikut :

Perbedaan tumbuhan lumut, paku, dan mangga

Mengamati

Pernahkah kamu mengamati secara cermat dan teliti tumbuhan lumut, paku, dan mangga? Apa yang dapat kamu laporkan dari hasil pengamatan tersebut?

Menanya

Dari hasil pengamatanmu, tuliskan satu pertanyaan.

Apa yang perlu disiapkan?

1. Tumbuhan lumut

2. Tumbuhan paku (misalnya suplir atau yang lain)

3. Tumbuhan mangga

4. Lup (kaca pembesar)

Lakukan langkah-langkah berikut.

1. Carilah lumut yang melekat di tembok berbentuk seperti beludru hijau. Ambillah dengan tanahnya, kemudian letakkan pada piring plastik. Tetesilah dengan air agar basah. Siapkan juga tumbuhan paku lengkap dengan bagian-bagiannya.

2. Amatilah dengan kaca pembesar (bila diperlukan) tumbuhan lumut tumbuhan paku, dan tumbuhan mangga. Amati bagian-bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya, serta habitatnya. Catatlah pada tabel di bawah ini pada buku kerjamu.

Tabel Perbedaan tumbuhan lumut, paku, dan mangga

Diskusikan hasil pengamatanmu dengan kelompokmu. Kesimpulan apa yang didapatkan dari kegiatan ini?

Mengomunikasikan

Buatlah laporan kegiatan ini, kemudian presentasikan di depan kelas.

Kegiatan belajar 4

Seperti halnya tumbuhan, hewan yang ada di permukaan bumi ini sangat beragam baik bentuknya maupun ukurannya. Ada hewan yang berukuran sangat kecil sampai hewan yang berukuran besar. Bacalah di buku teks pelajaran (BTP) tentang hewan bertulang dan tidak bertulang belakang serta cara mengetahui ciri-ciri berbagai jenis hewan. Lakukan kegiatan berikut:

Bagaimanakah cara untuk mengetahui ciri-ciri hewan kelompok Avertebrata dan vertebrata?

Sediakan :

1. Berbagai guntingan gambar hewan jenis avertebrata seperti (Porifera (a), ubur-ubur (b), cacing pita (c), cacing gelang (d), cacing tanah (e), cumi-cumi (f ), siput (g), bintang laut (h), kepiting (i), dan lebah) serta hewan vertebrata seperti ((a) Ikan mujair, (b) bandeng, (c) katak, (d) ayam, (e) itik, (f ) kura-kura, (g) ular, (h) kelelawar, (i) kambing)

2. Untuk hewan avertebrata Diskusikan dengan temanmu ciri-ciri setiap hewan tersebut. Hewan

apa saja yang termasuk Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata?

3. Catatlah hasil pengamatanmu di buku tugas.

4. Jika mengalami kesulitan, kamu dapat mencari sumber-sumber di buku, majalah atau di internet.

5. Untuk hewan vertebrata lengkapi diagram dibawah ini untuk hewan-hewan tersebut :

3. Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama temanmu.

a. Dari semua hewan yang diamati, apakah ada hewan yang memiliki ciri- ciri yang sama? Hewan apa saja yang memiliki ciri-ciri yang sama? Jelaskan.

b. Ada berapa kelompok hewan Vertebrata yang kamu dapatkan? Sebutkan.

c. Buatlah kunci determinasi dengan melihat diagram dikotom di atas.

d. Carilah ciri-ciri yang lain pada hewan Mamalia, Aves, Pisces, Amphibia, dan Reptilia. Jika kamu mengalami kesulitan carilah di buku, majalah atau di internet.

e. Tulislah kesimpulan dari kegiatan ini pada buku tugas dan bandingkan dengan hasil kelompok temanmu yang lainnya.

Penutup

Setelah kamu belajar Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Jenisnya , berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Anda terhadap materi yang sudah dipelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKBM ini di tabel berikut!

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam buku teks pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan yang kurang kamu pahami yang sekiranya perlu Anda ulang dengan bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, lanjutkanlah ke UKBM berikutnya.

Berilah penilaian pada diri anda terhadap penguasaan materi dengan rentang nilai 0-100 pada kotak dibawah ini !

Kamu dapat menghitung nilaimu dengan rumus :

Tuliskan nilaimu pada kotak berikut:

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post