Khalid Wahyudin

Khalid Wahyudin hanya seorang guru sekolah gunung yang tengah berpacu dengan asa terindahnya. Sejak 2009 hingga kini, saat amanah sebagai abdi negara diterima...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kelas Itu Menyatukan

Kelas Itu Menyatukan

Kelas Pelatihan Editor Buku MediaGuru Yogyakarta, Sabtu-Minggu (19-20/1), menjadi ajang reuni kecil-kecilan kami, alumni MM UGM kelas khusus Diknas angkatan ke-2. Sebuah kebetulan kegiatan ini digelar di Yogyakarta. Sebelumnya via grup WhatsApp (WA) alumni, kami telah merencanakan reuni kecil-kecilan ini sembari mengikuti pelatihan. Ya, kelas editor itu menyatukan kami. Bertemu setelah tujuh tahun berlalu.

Dalam perjalanan malam menuju Jogja, Jumat (18/1), dalam status Facebook, kutuliskan sajak ini.

Seperti perjalanan yang sama. Tujuh tahun lalu. Wira-wiri. Kini menuju Jogja lagi. Bro, aku datang! Yuk, reunian. Kelas editor MG Jogja memberi jalan. Rame. Akan kusaksikan lagi tawa renyahmu. Pecah. Tunggu aku Kalasan!

Waktu menyentuh Subuh. Berganti Sabtu. Hari itu kita ditakdirkan bertemu. Jalan menuju LPMP masih sepi. Aku dan sahabatku, Abdul Majid, menyisir jalan dengan berjalan kaki. Sengaja untuk menikmati suasana pagi.

Assalamualaikum!” Fuad Hartadi menyapa saat berpapasan di halaman LPMP.

Waalaikum salam,” jawab kami bersamaan.

“Maunya sih tadi saya jemput saja. Sekalian jalan bersama. Saat saya baca di WA, ternyata sudah kedahuluan datang,” ungkap lelaki kalem bercambang ini.

Di depan kelas, teman-teman Jogja telah menunggu.

Assalamualaikum, piye kabare, Bro?” sapa Arifin sambil menjabat tangan dan memelukku.

Alhamdulillah, apik, Bro,” jawabku.

Tak pikir aku kate kelangan konco siji, Bro?” ujar Arifin, guru agama lembut hati itu. “Aku lihat fotomu usai kecelakaan motor itu di WA, tak sadarkan diri.”

Halah, ono-ono wae!” sahutku. “Aku rapopo, hanya pelupuk mata kanan ini yang masih benjol dan luka tangan kanan yang belum seratus persen kering.”

Satu per satu kita berjabat tangan dan melepas kangen. Berbincang tentang kabar masing-masing dan berbagai hal hingga masuk kelas untuk mengikuti pelatihan. Melihat mereka seperti terbayang kembali memori tujuh tahun lalu. Terbayang lagi keseruan saat diskusi panas di ruang kelas. Teringat kembali saat mengerjakan tugas bersama dan ketegangan saat sidang akhir kelulusan menghadapi para penguji.

Teringat selalu saat begadang semalaman untuk persiapan ujian atau presentasi kelompok yang menguras tenaga. Berbantal buku-buku tebal yang tak banyak kita mengerti namun harus dipelajari. Andai tak ada semangat berbagi, aku yang seni rupa tak tahu harus berbuat apa. Berbahasa Inggris sudahlah tak mampu. Apalagi Statistika sudahlah tentu membuatku termangu. Apalah dayaku. Aku hanya bisa menyapukan warna sambil mereka-reka bentuk wajah. Lalu setelah itu, semuanya akan berlalu.

Akhirnya, semangat saling berbagi dan berempati membuat kita selalu bisa mengerti. Melepaskan diri dari segala kesulitan dan kesusahan yang mengganggu. Ah, teringat itu semua membuat kita kembali bangga. Hari ini, memori itu kembali. Dan kita menyadari reuni kecil itu menguatkan kenangan. Terus terang, kelas itu benar-benar menyatukan. (*)

--------------------------------------------

Terima kasih untuk segala keindahan ini: Ustaz Arifin Ali Kaswadi, Prof. Osep Muhammad Yanto, Pakde Sugiman (Terima kasih atas jamuannya. Ikan bakarnya mantap), Gus Abdul Majid, Kang Darto Ad-Demaky, Om Dani Darianta, Mbakyu Wiryatun, Mbak Anna (Bakpia Marina itu lezat dan nikmat), Jeng Sri, dan Akhi Fuad Hartadi (Jazakallah. Maaf, kami merepotkanmu dengan harus menginap di kediamanmu, juga tumpangan kendaraannya yang bak taksi pribadi). I love you all!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pelatihan editor menjadi ajang reuni yang ciamik untuk Pak Khalid dkk. Saya dan Bunda Marlupi kebagian memfoto saja ya. Sayangnya, foto reuni kita bertiga belum muncul ini, bahkan belajar dari perupa handal pun belum kesampaian. Sang perupa terlanjur diantemi oleh Bunda Isti, jadi tak sempat berbagi ilmunya hehehe .... Barakalah, Pak Khalid. Sukses selalu!

23 Jan
Balas

Bertemu Bu Ayu dan Bu Upik membawa kesan mendalam. Wanita-wanita yg tangannya adalah pena. Luar biasa. Oya, terima kasihb telah mengabadikan pertemuan kami kemarin. Jazakallah khairan wa barakallah.

23 Jan

Bertemu Bu Ayu dan Bu Upik membawa kesan mendalam. Wanita-wanita yg tangannya adalah pena. Luar biasa. Oya, terima kasihb telah mengabadikan pertemuan kami kemarin. Jazakillah khairan wa barakallah.

23 Jan

Wah luar biasa, belajar plus reuni. Silatrahmi plus plus. Keren pak sangat menginspirasi. Bahagianya saya turut serta merasakan. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

23 Jan
Balas

Terima kasih, Mas Mulya. Sukses selalu buat jenengan. Barakallah.

23 Jan

Alhamdulillah..ikut seneng, meski saya hanya kebagian yang moto ( ngambil gambar ). Sehat n sukses selalu Pak, reuni yang bermanfaat. barakallah

22 Jan
Balas

Alhamdulillah, akhirnya dipertemukan juga dengan penulis wanita yg kece dan keren ini, Bu Marlupi. Sukses selalu. Barakallah.

22 Jan

Wow, ikut pelatihan editor, keren Pak. Sukses selalu dan barakallah

22 Jan
Balas

Sekadar meramaikan, Bu. Jazakillah khairan wa barakallah.

22 Jan

Terbayang betapa renyahnya suasana saat pertemuan seperti itu. Jadi pingin.

22 Jan
Balas

Renyah dan gurih. Hhhaha. Sukses selalu Pak Warnoto.

22 Jan



search

New Post