Khalid Wahyudin

Khalid Wahyudin hanya seorang guru sekolah gunung yang tengah berpacu dengan asa terindahnya. Sejak 2009 hingga kini, saat amanah sebagai abdi negara diterima...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pak Syaihu, Bagilah Kegilaan Itu!

Pak Syaihu, Bagilah Kegilaan Itu!

Entahlah saya harus mengatakan apa. Saya hanya sebutir debu di Padang Gurusiana. Saya pendatang baru yang bergabung beberapa minggu lalu. Jujur, saya tak mengenal banyak sosok Ahmad Syaihu. Namun begitu, tak sulit menemukan rekam jejaknya. Ratusan tulisan telah ia unggah di Gurusiana. Tak hanya itu, bahkan puluhan buku karyanya telah banyak diterbitkan. Pantas saja jika kemudian gelar penulis terfavorit dan terproduktif dianugerahkan padanya.

Pak guru, begitu sapaan akrab Ahmad Syaihu, kerap mengunggah tulisan yang memantik semangat penulis lain untuk terus berkarya. Hampir setiap hari, dua, tiga, bahkan lebih, tulisannya selalu tampil di beranda Gurusiana. Seakan menulis baginya bukan lagi menjadi kebiasaan, melainkan budaya. Bahkan hampir-hampir setiap tulisan yang ia unggah menempati barisan artikel populer harian. Luar biasa!

Saya kadang bertanya-tanya sendiri, manusia macam apa dia? Di usianya yang tak bisa lagi dianggap muda, semangatnya tetap menggelora. Meminjam istilah Bung Karno, menyala-nyala dan berkobar-kobar. Tiap hari menulis, menulis, dan menulis. Apa pun bisa ditulis. Lelaki ini kaya ide dan sarat pengalaman. Guratan alami dan kerutan yang terpahat di wajahnya menceritakan itu. Ia sosok yang tak pernah diam. Ia teladan.

Ahmad Syaihu, nama itu menyiratkan makna terpuji, dituakan, diikuti, serta menjadi anutan. Dalam bahasa Arab, Ahmad berarti terpuji. Syaihu, orang yang dituakan, diikuti, dan diteladani. Bahkan Syaihu juga dimaknai orang yang sarat ilmu. Sungguh! Nama yang membawa berkah, hasil dari mujahadah dan doa orang tuanya.

Alam takambang jadi guru. Pepatah ini mengajarkan bahwa segala sesuatu bisa memberikan pelajaran. Ada hikmah di balik segala sesuatu. Alam semesta adalah ruang pembelajaran terbentang yang mengajarkan makna kehidupan. Ruang bagi manusia untuk berpikir dan berkarya. Ahmad Syaihu tampaknya mengerti makna pepatah ini, sehingga apa pun bisa menjadi sumber belajar dan bahan tulisan. Mudah-mudahan ini tak berlebihan. Pak Ahmad Syaihu, jangan kau taburkan pasir di wajahku!

Entah energi apa yang menggerakkan lelaki ini. Seperti tak mengenal lelah dan bosan, ia terus membagikan tulisan, siang dan malam. Gurusiana tak ubahnya rumah kediaman. Bertandang dan mengetuk pintunya, dia selalu ada di sana. Dia terus bergerak dan tak pernah diam. Keranjingan menulis yang diidapnya sudah mencapai stadium akhir. Sulit disembuhkan, bahkan semakin menggila.

Ngapunten, Pak Ahmad Syaihu, kalau kegilaan itu bisa dibagi, tolong bagikan kegilaan itu. Saya dengan senang hati mau menerimanya. Dan, marilah setelah itu, kita gila bersama-sama. Gila! (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yuk, gila bersama!

26 Jan
Balas

Ayo! hahaha

26 Jan

Tulisan yang sarat makna, pantas dijadikan bahan buku saya selajutnya, Barokallah Pak Khalid Wahyudin

26 Jan
Balas

Gila bener tulisan ini...hehehe...mantaap Pak Khalid..sukses selalu..barakallah

26 Jan
Balas

Gile lu ndro, hehehehe Siap gila Bu Marlupi. Barakallah.

26 Jan

sudah kelihatan mulai gila, kabuuuur....

26 Jan
Balas

Mulai GILA 'gali ilmu langsung action' ...hhhhh... Berkat kegilaaan akhirnya akan terwujud sebuah karya hebat

26 Jan

Mulai GILA 'gali ilmu langsung action' ...hhhhh... Berkat kegilaaan akhirnya akan terwujud sebuah karya hebat

26 Jan

Hahhaha....kalau begitu, ayo kabur bersama orang gila, hahaha

26 Jan

Tulisan penuh makna, luarbiasa

21 May
Balas



search

New Post