Khalid Wahyudin

Khalid Wahyudin hanya seorang guru sekolah gunung yang tengah berpacu dengan asa terindahnya. Sejak 2009 hingga kini, saat amanah sebagai abdi negara diterima...

Selengkapnya
Navigasi Web
Spam itu bagai Hantu, Waspada Gurusiana!

Spam itu bagai Hantu, Waspada Gurusiana!

Awal membuka beranda Gurusiana, lalu. Saya agak dibuat penasaran dengan Blog Noorchamid. Gila benar, begitu banyak dan sangat cepatnya mengunggah tulisan. Ditambah, unggahan tersebut disertai dengan ilustrasi yang mengundang penasaran. Menurut saya, kebanyakan ilustrasi yang menyertai tulisan itu terlihat risi dan membuat tak nyaman memandangnya.

Spamming ala blog Noorchamid di Gurusiana membuat resah dan gelisah menunggu di sini, kata Om Obbie Mesakh. Bayangkan, dalam waktu bersamaan blog Noorchamid mengirimkan banyak artikel di blog Gurusiana. Bertubi-tubi dan membabi buta. Tulisan yang banyak itu pun ternyata awur-awuran.

Dilihat sekilas dari beranda Gurusiana, mungkin terlihat biasa saja. Namun, karena diunggah secara bertubi-tubi membuatnya berasa tak biasa. Agak aneh, membuat penasaran. Apalagi, jika kita membaca lebih lengkap tulisan itu. Duaar…Anda akan dibuat terperangah, haa! Ini bukan tulisan yang kita kehendaki dan tidak semestinya ada di Gurusiana. Ini awur, jelas awur-awuran. Beginikah tulisan Gurusianer?

Jelasnya ini spam. Keberadaan spam yang dikirim bertubi-tubi hampir tanpa jeda, ditambah isi tulisan yang awur-awuran seperti itu, membuat tak nyaman para Gurusianer. Spam blog Noorchamid itu komat-kamit bagai demit, menghantui kita semua.

Secara teknis, spam yang dikirim sekaligus dan terus-menerus akan membebani server. Kinerja server akan sangat berat dan akan mengakibatkan server down, begitu informasi yang pernah saya dapatkan. Spamming bisa juga digunakan untuk menyebarkan program jahat seperti virus atau malware. Sehingga, ketika orang membukanya akan cepat terinfeksi. Wuih, jahat benar ya! Lalu, apa maksudnya? Untuk apa dilakukan? Masih tanda tanya.

Kalau sekadar mengejar rating di Gurusiana, ada cara yang lebih bijak dan tak awur. Berkaca pada para Gurusianer populer, mereka tak harus memosting tulisan yang begitu banyak dan hampir tanpa jeda untuk sekadar mengejar rating. Hanya saja mereka ajeg memublikasikan tulisannya di Gurusiana secara terencana, terskedul. Ibarat minum obat tiga kali sehari. Bisa kurang atau bahkan lebih dari itu, tergantung pada demam menulis yang diidapnya.

Seperti perang gerilya, serangan spam dilakukan secara cepat tak terduga. Habis pukul mundur, hit and run, begitu kira-kira. Maka, akan lebih bijaksana jika kita terus waspada. Para Gurusianer harus tanggap, segera melaporkan kegitan spamming ini kepada penguasa Gurusiana, jika menemukan kejadian serupa. Sebab, hantu spammer akan terus menghantui sampai ke bilik-bilik rumah kita di Gurusiana. Yang pada akhirnya, suka tak suka memaksa penyedia blog Gurusiana bekerja lebih keras lagi mengenyahkan hantu spammer ini. (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bikin risih dan rusuh saja akun Noorchamid ini.

12 Jan
Balas

Benar, Gurunda. Dan, itu masih ada. Coba scroll terus. Belum dihapus ya?

12 Jan

Lho tulisan njenengan dicopy paste utuh sama akun Noorchamid itu. Tidaaaaaaakkkk

12 Jan
Balas

Ya itu Dia, nDan. Hadeuuh capek deh. Ini apa maksudnya? Cepat ditangani nDan!

12 Jan

Waduh malahan copy paste...gimana itu Mas Eko

12 Jan

Pemberitahuan langsung ke admin sudah dikirimkan, bahkan link pun telah tersampaikan. Berharap agar admin bisa memgambil langkah cepat dan antisipatif. Akan tetapi terus berulang, akun yang sama muncul kembali. Dua bulan lalu saat praktik perjudian online secara sengaja diunggah oleh salah satu akun, alhamdulillah dilaporkan ke admin, diambil tindakan tegas dan tak pernah muncul kembali. Untuk kasus terbaru ini, admin telah menjawab telah dieksekusi, mudah-mudahan tak akan terulang kembali.

12 Jan
Balas

Semoga hantu spam segera dilenyapkan dari Gurusiana. Mengganggu dan gambarnya itu lho bikin risi....

12 Jan
Balas

Amin. Semoga, Bu. Biar kita lebih nyaman tinggal di Gurusiana. Terima kasih. Barakallah.

12 Jan

Bukan sekarang ini saja, hal ini sudah lama berlangsung. Bahkan di tahun lalu, saya buat tulisan khusus juga tentang ini. Ntah kenapa, masih terus berlanjut. Saya sih gak faham tentang teknologi. Pasti ada cara menghentikannya. Mengenai copas, juga sering dilakukannya. Saya pernah temukan itu. Sekarang, jika muncul, tidak pernah saya baca lagi, karena sudah mengerti tulisan beliau yang awur-awuran. Semoga sekarang ini gurusiana bisa lebih sigap mengatasinya. Semoga. Jazakallah khoir, tulisan Pak Guru bisa "menghentak" kehati-hatian kita. Semoga sehat dan sukses selalu. Barakallah.

12 Jan
Balas

Yah..itu hantunya keluar lagi Pak Khalid...Bagaimana?

12 Jan
Balas

Semalam saya meneliti bahwa frekuensi pengunggahan adalah setiap dua menit. Adapun sumber kontennya adalah Facebook, hanya rekaman percakapan. Saya tidak tahu apakah ini disengaja atau virus yang tidak disadari oleh pemilik akun.. Beberapa hari yg lalu ada gurusioner yg sudah menuliskan virus. Apakah yang dimaksud adalah akunnya Pak Nurchamid atau yang lain lagi. Yang jelas kualitas tulisan saat itu cukup berbobot. Ngomong omong apakah sudah ada tindakan dari pengelola gurusiana?

12 Jan
Balas



search

New Post