KHARIROTUS SAKDIYAH, M.Pd.I

Bekerja sebagai guru di MAN 6 Jombang. Selalu ingin menulis walaupun masih belajar...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengajari Anak Berpuasa (T.164)-69

Mengajari Anak Berpuasa (T.164)-69

Oleh: Kharirotus Sakdiyah

...

Guru yang ada RA melatih dan mengajari anak-anak berpuasa dengan cara mengajak anak-anak untuk berpuasa ketika di sekolah.

“Anak-anak, sekarang adalah bulan suci Ramadan, umat Islam harus berpuasa. Anak-anak juga harus berpuasa. Anak-anak tidak boleh jajan atau makan dan minum ketika di sekolah, karena sedang puasa. Nanti berbukanya ketika anak-anak sudah tiba di rumah,” kata Bu Guru.

Begitulah cara guru RA melatih anak-anak berpuasa. Kewajiban berpuasa memang bagi orang Islam yang baligh/dewasa dan sehat akalnya. Tapi, sebagai orang tua wajib melatih dan mengajari anak untuk berpuasa sejak dini. Sehingga ketika mereka sudah baligh, maka sudah terbiasa untuk melakukannya.

Alhamdulillah, anak saya sudah bisa menjalankan puasa ketika berada di RA. Ketika masih kelas 1A/Nol Kecil, berpuasa ketika berada di sekolah sesuai yang diajari gurunya. Ketika kelas 1B/Nol Besar sudah bias menjalankan puasa secara penuh, walaupun hari pertama dan ke dua, harus berlatih dulu. Hari pertama, puasa separo, berbuka ketika terdengar azan Zuhur. Hari ke dua, berbuka ketika terdengar azan Asar. Hari ke tiga sudah bias berpuasa penuh atau Maghrib. Ketika mereka menangis, saya membujuknya dengan berbagai cara. Alhamdulillah, hari ke empat dan seterusnya, sampai akhir Ramadan, bisa menjalankan puasa secara penuh selama se-bulan.

(Bersambung)

Salam Literasi!

Jomang, 9 Maret 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah sudah tayang. Terima kasih admin. Salam sukses selalu!

09 Mar
Balas

pendidikan di mulai dari keluarga, sukses bunda

10 Mar
Balas

Benar, Pak. Terima kasih

10 Mar

Alhamdulillah. Semoga sehat selalu Bunda.

10 Mar
Balas

Amin. Terima kasih

10 Mar

Mantap

10 Mar
Balas

Terima kasih, Pak.

10 Mar



search

New Post