Kholipah

Kholipah kelahiran Pemalang 10 April 1976, Saat ini menetap di kota Ukir Jepara, bumi kelahiran seorang pajuang perempuan yang gigih "Kartini". Ibu dari dua ora...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengembalikan Kerenyahan Makanan 'Melempem'
Menghangatkan kerupuk

Mengembalikan Kerenyahan Makanan 'Melempem'

Mengembalikan Kerenyahan Makanan Melempem

Oleh: Kholifah

 

Pernah mempunyai kerupuk atau kue kering yang melempem dalam jumlah banyak? Bukan karena terlalu lama menyimpan tapi karena kita lupa menyimpan dengan tepat.

Pada acara tertentu misalnya saat kita habis hajatan, atau pas hari raya kita sengaja menyediakan banyak kue untuk suguhan tamu. Pada momen inilah kita sering mendapatkan makanan kita melempem, bisa kerupuk, egg roll, wafer, kacang atom dan lain sebagainya, karena toples yang tidak tertutup rapat atau toples sering buka tutup.

Kita sering bingung mau diapakan itu makanan, mau dibuang sayang, mau dimakan gigi saja tidak kuat untuk mengunyah. Dibagikan tetangga juga tidak mungkin. Beda kalau kita punya peliharaan seperti ayam  atau mentog. Kita punya sisa makanan seberapapun tidak takut terbuang percuma.

Bagaimana cara menyiasatinya, kerupuk di goreng ulang? Jangan! selain rasa akan berubah, warna berubah jadi tambah jumlah minyak yang ada di kerupuk. Nah, ada satu cara yang sangat simpel untuk menyelamatkan makanan-makanan itu dengan catatan bukan makanan yang sudah rusak rasa, warna dan aromanya ya.

Kita manfaatkan oven / microwave yang ada di rumah. Bisa listrik bisa yang manual. Kalau menggunakan listrik kita tinggal mengatur suhu 150°C - 170°C, waktu 20 menit dan api pembakaran atas bawah. Kalau dengan oven manual gunakan suhu yang ditunjukkan dengan jarum penunjuk kurang lebih 150°C

Caranya siapkan makanan atau kue kering yang melempem tadi, letakkan di loyang aluminium masukkan dalam oven tunggu sampai terdengar klik, karena waktu pemanggangan habis, keluarkan dan biarkan dingin taraa...  nikmati kembali sensasi renyahnya kue atau kerupuk tadi. Akan ada perubahan bentuk tidak masalah.

Yang menggunakan oven manual sesekali dilihat ya, ratakan kerupuk atau kue yang ada di loyang untuk mendapatkan panas yang merata sehingga hasil keringnya merata. Selamat mencoba.

Xpucang, 28112022

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, bu. salam sukses selalu!

28 Nov
Balas



search

New Post