Kholipah

Kholipah kelahiran Pemalang 10 April 1976, Saat ini menetap di kota Ukir Jepara, bumi kelahiran seorang pajuang perempuan yang gigih "Kartini". Ibu dari dua ora...

Selengkapnya
Navigasi Web
Spot Wisata Keren Studio Alam Gamplong
Spot di Studio Alam Gamplong

Spot Wisata Keren Studio Alam Gamplong

Spot Wisata Keren Studio Alam Gamplong

Oleh: Kholifah (2)

Pernah dengar tempat wisata unik di Jogja? Pasti dong. Jogjakarta satu kota yang sangat istimewa, nyentrik, kuliner yang menggoyang lidah. Kota pelajar yang menyimpan begitu banyak tempat tujuan wisata. Jadi jangan heran begitu liburan tiba atau waktu-waktu mendekati Ramadan, wisatawan mbludak terutama rombongan pelajar dalam rangka wisata edukasi.

Salah satu tempat wisata yang sedang tren adalah Studio Alam Gamplong. Destinasi wisata yang terletak di Desa Gamplong, Dukuh Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kab. Sleman. Rute menuju tempat ini harus menyusuri jalan kampung yang terlalu sempit untuk sebuah bis yang melintas. Namun karena memang sudah dikondisikan masyarakat sekitar perjalanan tetap nyaman.

Saya takjub, begitu sampai di lokasi wisata sudah berjajar puluhan bis. Artinya ratusan pengunjung antri masuk. Loket pembayaran tiket yang sederhana melengkapi suasana Studio.

Studio Alam Gamplong, adalah studio yang di dirikan oleh seorang Sutradara Hanung Bramantyo untuk kebutuhan syuting film. Studio di serahkan ke pemerintah kabupaten Sleman untuk di Kelola menjadi tempat wisata. Tanpa merubah bentuk bangunan atau properti yang sudah ada.

Apa saja isi studio Alam Gamplong?

Ada beberapa peradaban yang bisa dilihat dari bangunan-bangunan yang tertata rapi. Properti yang digunakan untuk syuting film zaman kerajaan, bangunan seperti pintu gerbang kerajaan, bangunan pendopo kerajaan bahkan bangunan rumah-rumah yang terbuat dari bambu menjadi pelengkap studio.

Sedangkan pada properti syuting film zaman Belanda bangunan-bangunan bergaya Belanda dengan suasana kota-kota besar lama sangat kental, perkampungan kumuh khas dari sisi lain kota besar juga nampak. Ada bangunan Belanda berlantai dua yang sangat kental dengan karya-karya Pramudya Ananta Toer. Kita seolah-olah dibawa ke masa lalu.

Ada yang unik lagi, untuk menyusuri studio Alam Gamplong kita difasilitasi dengan kereta api diesel, sehingga kita tidak capai jalan kaki dari ujung ke ujung studio.

Mengunjungi Studio Alam Gamplong kita jadi tahu betapa canggihnya proses editing film yang gegap gempita dan hebatnya para editor film. Sehingga film yang disuguhkan ke kita seolah benar-benar hidup dari setiap kejadian padahal kalau kita lihat propertinya sederhana.

Apa saja yang bisa kita lakukan di Studio ini. Satu adalah belajar yang kedua kita bisa menikmati berswafoto dengan spot-spot yang menarik.

Ke Jogjakarta? Jangan lupa ke Studio Alam Gamplong ya.

Jepara, 2 April 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren

03 Apr
Balas

Terima kasih bunda

03 Apr

Wah keeennich Bu .jadi pengen ke sana Bu...

04 Apr
Balas

Mantap nih..mana foto kereta api dieselnya? Jadi pingin ke situ.. Penasaran, kayak apa tempatnya. Semoga cerber kita bisa diangkat ke layar kaca nih, he.he

03 Apr
Balas

Iya kereta ketinggalan... hahaha mengningatkan daku juga pernah ditinggal lokonya KRD karena gerbong paling belakang dilepas...

03 Apr

Aamiin...

03 Apr



search

New Post