Kholipah

Kholipah kelahiran Pemalang 10 April 1976, Saat ini menetap di kota Ukir Jepara, bumi kelahiran seorang pajuang perempuan yang gigih "Kartini". Ibu dari dua ora...

Selengkapnya
Navigasi Web
Waspada Cyber Crime Baru Mengintai Aset kita di Bank
ilustrasi dari Time excelindo

Waspada Cyber Crime Baru Mengintai Aset kita di Bank

Waspada Cyber Crime Baru (2)

Oleh:Kholifah

Semakin canggih teknologi semakin bervariasi kejahatan dunia maya yang mengintai kita, membuat kita harus semakin waspada saat berinteraksi dengan seeorang melalui smart phone. Seperti yang dilansir Radar Kudus (28 November 2022) Seorang Warga Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan Jepara menjadi korban penipuan hingga terkuras habis tabungannya sebesar 104 juta, setelah klik dokumen Apk.

Kejadian korban yang diawali dengan menerima pesan melalui Whatsapp dari seorang yang mengaku kurir mengantar paket untuk dirinya, dengan mencantumkan dokumen Apk. korban diminta untuk membuka dokumen ini dan mendesak untuk memilih opsi "Update". tidak selang berapa lama ada invoice bahwa dana keluar dari rekening. Korban sadar bahwa dia sedang mengalami penipuan dan segera menuju Bank untuk memblokir nomor rekeningnya.

Kita disuguhi begitu banyak kemudahan dengan canggihnya teknologi, kita seolah bisa menjangkau apa saja laksana semua ada di depan mata, ibarat hidangan di atas meja tinggal tunjuk tanpa harus bersusah payah mengeluarkan keringat. Gadget bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, dari makan, transaksi perbankan dll dengan sekali sentuh.

Interaksi kita dengan dunia seolah tanpa batas dengan akun Sosial media yang kita miliki, ini menjadi celah yang sangat lebar bagi para penjahat dunia maya untuk beraksi. mereka memanfaatkan kelengahan kita. Nomor whatsapp kita, sadar atau tidak tersebar begitu luas saat mengikuti banyak grup, yang memberi peluang orang yang tidak bertanggung jawab menyusup.

Kita sering mendapat chat dari seseorang yang tidak kita kenal menawarkan barang atau jasa, memberi tahu tentang sesuatu sedang kita merasa tidak berhubungan dengan sipengirim pesan, abaikan. jika sepertinya penting tanyakan secara detail.

Berkaitan penipuan dengan membuka dokumen Apk. kalau belum jelas tidak perlu di klik atau buka apalagi pada gadget yang sudah terpasang alikasi E-banking atau M-banking. jika kita klik secara otomatis akan terdownload, Aplikasi itu digunakan untuk mengintai aktivitas mobil banking kita, seperti remot jarak jauh, sehingga mereka bisa mengetahui username dan pssword mobil bangking yang sedang kita aktifkan.

Jangan hiraukan jika mereka meminta kita ke ATM dengan alasan mendapat hadiah, karena mereka akan menuntun kita untuk meminta kode OTP bank sampai seluruh rekening kita amblas mereka gasak. Menjadi cerdas saat memegang gadget harus, teliti terhadap setiap interaksi dengan orang yang tidak dikenal wajib untuk keamanan dan kenyamanan kita, seperti kita menikmati wedang ronde di musim hujan bersama orang yang terkasih.

Pojok Inspirasi, 7122022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

07 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Pak Dede

07 Dec

Iya bu..hati hati dengan cyber crime kayak gini. Tetap waspada ya!

07 Dec
Balas

Siap pak Eko

18 Dec



search

New Post