kiki budiana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

SEHAT ADALAH PILIHAN

SEHAT ADALAH PILIHAN

Penulis: K. Budiana

Sehat itu harus diperjuangan. Berjuang menahan diri dari makanan yang menggoda dan mengubah pola hidup. Menahan diri dari makanan junkfood ibarat menahan diri dari godaan gadis metropolis. Gadis metropolis dengan senyum, lekuk tubuh, genit dan wangi parfume menciptakan suasana yang berbeda. Junkfood juga dengan harum bumbunya, indah kemasannya, ranum, gurih juga menggoda untuk dikonsumsi, “Kesan pertama menggoda selanjutnya terserah Anda” terbersit dalam ingatanku. Terlepas dari sedikitnya kandungan nutrisi yang dimiliki tetap membuat saya selalu tergoda. Kata teman saya “Hanya dengan istikomah“ perjuangan itu akan berhasil. Istikomah dapat saya lakukan dengan komitmen kuat dan lurus untuk tidak tergoda dan bahkan harus berani mengatakan tidak untuk junkfood. Saya harus segera menentukan pilihan lain. Meninggalkan junkfood yang seperti gadis cantik yang menggoda. Saya harus beralih mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang, berserat, sedikit berlemak, meskipun tampilan sederhana. Layaknya gadis yang lugu.

Ternyata untuk sehat tidak cukup hanya menahan diri dari godaan junkfood. Perlu juga perjuangan yang jauh lebih berat. Harus segera dilakukan dengan berjuangan mengubah pola hidup. Pola hidup biasa, yang sejak dulu dan sekarang bahkan mungkin nanti yang akan saya tetap lakukan. Terkadang karena kesibukan dan tuntutan pekerjaan, keasyikan, memaksakan diri, kurang istirahat, lupa waktu, mendorong saya pilih yang instant yang penting makan, kenyang dan nikmat. Tidak pernah terpikirkan “Ada apa dibalik kebiasaan buruk itu?” mengubah pola hidup bukan perkara yang mudah. Berani melawan pemikiran, kebiasaan yang sudah terinternalisasi dalam celubrum ini. Tapi tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Saya harus keluar dari zona nyaman. Kata nenek saya “Alon-alon asal kelakon” yang penting dilakukan meskipun dari yang mudah dan sederhana. Untuk sehat saya harus mengubah pola makan, waktu tidur dan kebiasan jelek lainnya.

Memang benar, sebuah keniscayaan bagi saya agar hidup sehat dengan menahan diri dari makanan yang menggoda dan mengubah pola hidup.

(Penulis adalah peserta workshop penulis bahan literasi GTK PAUD dan Dikmas)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap mas kiki

15 Feb
Balas



search

New Post