MGMP BIG SMP Zona 1 Situbondo

Belajar, Berkarya dan Menginspirasi Bersama...

Selengkapnya
Navigasi Web
Studi Banding Belajar Kurikulum Merdeka

Studi Banding Belajar Kurikulum Merdeka

Selasa, 7 Maret 2023, komunitas MGMP bahasa Inggris zona 1 wilayah barat situbondo mengadakan studi banding ke SMPN 2 Asembagus Situbondo untuk belajar atau menimba ilmu tentang pembelajaran bahasa Inggris dan penerapan kurikulum merdeka. SMPN 2 Asembagus merupakan salah satu sekolah penggerak yang berada di kabupaten Situbondo. Perjalanan ke sekolah tersebut ditempuh dalam waktu 2 jam dengan mengikutsertakan 16 peserta guru bahasa Inggris.

Berapa saat kemudian, kami tiba di sekolah tujuan. Kami disebut dengan bahagia dan bangga oleh kepala SMPN 2 Asembagus, Bapak Sucipto, M.Pd. bersama dewan guru, staf dan karyawan serta para siswa lainnya.

Selanjutnya, kami dipersilahkan masuk ke sebuah ruangan untuk mengadakan ramah tamah dan diberikan penjelasan singkat tentang kondisi sekolah dan penerapan kurikulum merdeka di sekolah tersebut.

Para peserta sangat antusias dalam menyimak pemaparan yang disampaikan oleh kepala sekolah. Selanjutnya kami diajak berkeliling di lingkungan SMPN 2 Asembagus untuk melihat beberapa kegiatan seperti pelaksanaan P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

P5 adalah sebuah proyek atas sebuah inisiatif untuk memberikan pemahaman tentang kompetensi peserta didik yang ingin diharapkan kedepannya dan bertujuan memberikan nilai manfaat atau karakter kepada para peserta didik yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah. Di sekolah tersebut, tanpa beberapa aktivitas siswa dan guru yang sedang melaksanakan kegiatan projek tersebut. Selanjutnya, kami diajak untuk mengikuti simulasi pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas dengan pembelajaran berdiferensiasi. Para guru diajak melihat langsung proses pembelajaran bahasa Inggris dan bagaimana proses interaksi guru dan siswa di dalam kelas dalam menghadirkan pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada siswa seperti pembelajaran berdiferensiasi pada konten, proses dan produk bagi siswa. Di akhir simulasi pembelajaran, para guru diajak berdiskusi, tanya jawab dan mengadakan refleksi dengan kepala sekolah dan dewan guru. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan umpan balik terhadap pelaksanaan dari kegiatan proses pembelajaran yang sudah dilakukan serta bentuk kegiatan atau penerapan P5 di sekolah tersebut. Banyak pengalaman dan ilmu yang baik dan bermanfaat dari sekolah tersebut yang bisa kami terapkan di sekolah masing-masing peserta setelah nantinya lagi ketik kegiatan tersebut.

Di akhir acara, para peserta MGMP mengadakan sesi foto santai bersama dengan kepala sekolah dan dewan guru SMPN 2 Asembagus. Suasana yang harmonis dan penuh keceriaan menambah kebahagiaan para guru bisa berkumpul untuk belajar bersama menimba ilmu dan mempererat silaturahmi diantara sesama guru.

Selain itu, ketua komunitas MGMP bahasa Inggris memberikan hadiah atau penghargaan berupa buku kepada pihak sekolah sebagai kenang-kenangan sebagai bentuk ungkapan terima kasih dan membangun literasi di kalangan guru.

Terima kasih dan semoga ilmunya bisa bermanfaat dan diterapkan di sekolah masing-masing.

Semoga kita semua berjumpa lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post