KORIATUL IMAMAH

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyenangkan, Praktis dan Efisien

Menyenangkan, Praktis dan Efisien

Tema : “ Dengan Teknologi, Pembelajaran Makin Berisi ”

Menyenangkan, Praktis dan Efisien

Oleh : Koriatul Imamah

Dunia pendidikan adalah tempat dimana kita semua belajar sesuatu yang baru ataupun hal-hal yang lain yang belum kita ketahui. Dalam dunia pendidikan terdiri dari seorang pendidik dan peserta didik serta materi pelajaran. Pendidik tugasnya ialah menyampaikan hal baru atau materi yang perlu disampaikan kepada peserta didik atau disebut dengan siswa. Menyampaikan pengetahuan yang mereka miliki dalam hal pelajaran.

Dari tahun ke tahun, sistem dan program pelajaran selalu mengalami perubahan. Baik itu dari segi materi ajar yang beberapa materinya mengalami perubahan, cara mengajarnya, alat peraga yang digunakan, sistem penilaian yang digunakan, media yang digunakan dan beberapa perubahan-perubahan yang lainnya.

Yang paling berpengaruh untuk pembelajaran adalah dari segi media yang digunakaan. Media yang digunakan tidak bisa hanya sekedar itu-itu saja yang digunakan. Siswa pasti akan merasa bosan jika media yang digunakan hanya sekedar apa adanya.

Ini adalah tantangan terbesar bagi seorang pendidik. Pendidik harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak tergilas oleh waktu. Sudah bukan hal baru lagi jika zaman sekarang adalah zamannya tekhnologi. Hampir semua kegiatan menggunakan alat-alat teknologi. Mulai dari alat masak yang banyak menggunakan alat yang sangat canggih, hingga kita tidak perlu waktu lama hanya untuk sekedar memasak.

Terlebih lagi dalam hal dunia pendidikan. Dulu sebelum banyaknya alat teknologi yang digunakan, banyak dari para pendidik masih mengerjakan semuanya secara manual, baik itu dalam penilaian, perangkat ajar yang digunakan hingga media yang digunakan.

Tapi tidak di zaman sekarang. Hampir semuanya menggunakan alat teknologi yang canggih. Mulai dari menggunakan laptop, LCD proyektor, bahkan handphone juga digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tidak hanya oleh guru, siswa pun juga menggunakan gawai mereka dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Disinilah para pendidik secara tidak langsung dipaksa untuk mengikuti perkembangan zaman. Mau tidak mau, suka tidak suka harus tetap mengikuti. Ada beberapa media dan metode pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Pendidik bisa menggunakan LCD proyektor saat menyampaikan materi kepada siswa, media ini digunakan agar pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa bisa dengan mudah memahami pelajaran yang disampaikan.

Terlebih saat penilaian ulangan atau yang dikenal dengan sumatif. Saat penilaian itu, pendidik bisa menggunakan salah satu metode quizizz. Metode ini sangat menyenangkan saat digunakan dan juga lebih menghemat waktu. Metode quizizz ini para siswa tidak perlu menggunakan alat tulis lagi. Mereka hanya mengunakan kertas yang sudah disiapkan oleh pendidik. Kertas itu berisi kode unik untuk menjawab soal yang ditampilkan di LCD proyektor. Pendidik hanya mengarahkan smartphone nya kepada siswa yang memegang kertas yang sebelumnya sudah disiapkan oleh pendidik. Yang nantinya semua jawaban siswa akan ditampilkan di layar proyektor.

Dalam menggunakan metode quizizz ini, semua analisis penilaian sudah langsung tersedia, pendidik hanya tinggal mendownload saja hasil dari penilaian yang telah dilakukan. Jadi, pendidik tidak perlu repot lagi dalam menganalisis hasil dari penilaian itu.

Kemajuan system teknologi memudahkan semua kegiatan sesorang, terlebih dalam dunia pendidikan. Banyak sekali kemudahan-kemudahan dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini, asalkan para pendidik mau belajar hal yang baru untuk kemajuan pendidikan. Seorang pendidik yang menolak untuk mengikuti kemajuan zaman, maka dia adalah pendidik yang siap untuk tergilas oleh waktu. Semangat belajar bagi para pendidik di seluruh Indonesia untuk memajukan pendidikan yang semakin bekualitas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat menginspirasi

20 Mar
Balas

Terimkasih banyak

20 Mar



search

New Post