Kun Habibah

Nama: Kun Habibah Guru PPKn SMPN I Gumukmas Motifasi sangat penting dalam mel...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dhukhon atau Asteroid dalam Sudut Pandang Sains
Tantangan hari ke -88

Dhukhon atau Asteroid dalam Sudut Pandang Sains

Dhukhon atau Asteroid dalam Sudut Pandang Sains

#tantangan- gurusiana#

#hari ke-88

Oleh: Kun habibah

Kalau ada kabar dhukhon akan turun hari ini 8 mei 2020. Itu bohong ,hoax.

Memang ada asteroid yg mendekati bumi .namun jaraknya hampir mendekati 1 SA. Atau 150 juta km . Jika menabrak bumi itu tdk benar ,karena bumi di kelilingi dg atmosfer .yg mampu membuat hancur dan membakar meteor dipecahan asteroid tersebut

Berdasarkan detikNET CNN, planet bumi yang kita tempati ini ,pernah mengalami fenomena alam yaitu meteor jatuh tepat dipermukaan bumi sekitar 790 ribu tahun lalu dengan ukuran yang sangat besar, nyaris 2 km saat jatuh.Asteroid ini menyebarkan debu yang menutupi 20% bumi.yang diperkirakan jatuhnya di sekitar dataran tinngi Bolaven di Laos.

Meteor yg sampai dibumi kita , disebut dengan Meteorid. Namun besarnya hanya beberapa kilo saja. Jadi secara ilmu fisika tdk benar ada asteroid yg akan menabrak bumi.yg benar adalah mendekati bumi. Mendekati bumi dalam arti jaraknya masih jutaan kilonmeter.

Banyak asteroid yg saling bertabrakan diantara mars dan yupiter. Pecahan inilah yg disebut dengan nama Meteoroid. Meteoroid ini akan mendekati atmosfer kita karena adanya gaya gravitasi bumi. Meteoroid yang masuk ke atmosfer kita akan terbakar yang selanjutnya diberi nama "meteor" terbakarnya meteor ini akan memperkecil massa meteor sendiri . Sehingga ketika sampai dibumi hanya tingggal sedikit saja. Bahkan habis terbakar. Namun jika ada meteor yg sampai di bumi disebut meteorid jadi jika ada meteor yg akan menabrak bumi itu tidak benar ditinjau dari ilmu fisika. Yg benar adalah mendekati dalam arti jaraknya masih mengggunakan 1 SA : satuan atmosfer dimana 1 SA : 150 juta km.

Namun seiring dengan perkembangan tekhnologi yg sangat cangggih , melalui National Aeronautic and Space Administration ( NASA) sebuah badan antariksa dg menggunakan teropong hable mampu mendeteksi benda luar angkasa yg akan mendekati bumi ( mendekati dalam arti jaraknya masih jutaan kilometer) .Fenomena alam ini ditinjau dari ilmu fisika.

Bagaimana dengan sudut pandang ilmu Agama tentang fenomena yang gencar di bincangkan saat ini adanya dukhon /Asap putih dipertengahan bulan Suci Ramadhan???

Salam Literasi

Gumukmas08052020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

waah, kadung ramai ternyata hoax..ampun deh bu..sampai gak tahu bedanya asteroid dan meteorid..he..he.artikel sanggahan yg bagus..salam

08 May
Balas

Lah yaa itu ..uda firal sempat bikin takut eee ternyata Alkhamdulillah bai-baik saja.....Terimakasih hadirnya pak Salam

08 May



search

New Post