Kusinem,S.Pd.I

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KLEPON
KLEPON

KLEPON

Klepon adalah salah satu makanan tradisional berbahan dasar beras ketan. Bentuknya bulat-bulat seperti bakso. Warnanya hijau. Waktu kecil saya senang sekali makan klepon. Saya tidak perlu jauh-jauh membelinya karena tetangga sebelah yang masih saudara bapak saya menjualnya.

Karena penasaran, saya sering main ke rumah penjual klepon itu karena ingin melihat proses pembuatannya. Mula-mula beras ketan disiram dengan air. Air tersebut sudah dicampur kapur. Tujuannya supaya klepon tidak lembek. Selain dicampur dengan kapur juga dicampur dengan perasan daun suji supaya warnanya hijau alami.

Beras ketan yang sudah disiram air diuleni sampai warnanya merata dan adonannya Kenyal Setelah kenyal,ambil sesendok adonan dan beri sepotong gula merah yang sudah dipotong dadu ke dalam adonan. Bentuk adonan itu bulat-bulat.

Setelah semua adonan jadi, masukkan klepon mentah itu ke dalam air mendidih. Tunggu sampai mengambang. Bila sudah mengambang angkat dan campur dengan parutan kelapa. Jangan lupa parutan kelapanya dicampur garam. Masukkan klepon yang sudah diurap parutan kelapa ke dalam pincuk daun pisang. Jadilah klepon yang rasanya manis dan gurih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasan kuliner tradisionalnya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

11 Feb
Balas

Terima kasih Pak Dede

11 Feb

Aku suka klepon bun .... Lanjut jajan kuliner traduional lainnya bun. Sukses selalu. Salam literasi

11 Feb
Balas

Sama Bun. Saya suka klepon karena ada manis-manisnya gitu

11 Feb

tepung beras ketan atau beras bund ? enaknyaaaa ..sukses sll

12 Feb
Balas

Aq juga senang klepon , rasanya enak

12 Feb
Balas



search

New Post