Laela Novita

Saya adalah seorang wanita sederhana kelahiran Bogor yang suka menulis walaupun entah tulisan nya bagus atau tidak. Yang jelas, saya hobby menulis. Saya selalu ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan Untuk Semua

Pendidikan Untuk Semua

Setelah saya belajar Konsep Dasar Pendidikan Inklusif pada Bimtek Guru Belajar dan Guru Berbagi seri Pendidikan Inklusif di hari ke lima, sekarang saya menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki keunikan, peserta didik yang kesulitan berhitung, tidak dapat kita paksakan untuk menjadi seorang matematik yang profesional untuk mengikuti olimpiade misalnya.

Atau sebaliknya peserta didik yang memiliki kemampuan dalam berhitung tidak mungkin kita biarkan dia kehilangan kesempatan untuk mengembangkan dirinya dalam hal tersebut. Atau kita analogikan dengan hewan, kita tidak dapat memaksakan ikan untuk bisa terbang, karena ikan tidak memiliki sayap. Atau sebaliknya kita tidak dapat memaksakan burung untuk pandai berenang. Artinya kita sebagai guru harus mampu memfasilitasi semua kebutuhan peserta didik sesuai dengan bakat dan kemampuan yang ada juga berpedoman pada kodrat alam yang mereka miliki. Tidak memaksakan kehendak kita sendiri.

Untuk itu, Pendidikan Inklusif penting untuk diterapkan agar setiap peserta didik mendapatkan dukungan dan bimbingan yang sesuai dengan keunikannya masing-masing. Karena pada dasarnya pendidikan adalah untuk semua, bukan eksklusif untuk peserta didik dengan kemampuan belajar tertentu saja. #GBBInklusif #PendidikanInklusif

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post