Laela Novita

Saya adalah seorang wanita sederhana kelahiran Bogor yang suka menulis walaupun entah tulisan nya bagus atau tidak. Yang jelas, saya hobby menulis. Saya selalu ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Refleksi Untuk Perbaikan Diri

Jurnal Refleksi Minggu ke-4

Pada minggu keempat ini, saya mempelajari Nilai dan Peran Guru Penggerak. Betapa hebatnya jika saya dapat menjadi guru penggerak sejati yang memiliki kemampuan Reflektif Mandiri, Inovatif, Kolaborasi, berpihak pada peserta didik.

Nilai yang sudah ada pada diri saya adalah nilai Mandiri dan Inovasi. Saya sudah terbiasa menjalani semua sendiri, sesekali meminta bantuan pada orang tua atau saudara apabila permasalahan yang saya hadapi memang benar-benar sudah tidak dapat saya selesaikan. Sejak dulu saya mengikuti kegiatan kepramukaan yng di dalam nya terdapat kemandirian, dari sekolah dasar saya sudah terbiasa mandiri, saya anak perempuan satu-satunya tetapi tidak membuat saya menjadi manja dan mengandalakan saudara-saudara saya.

Nilai inovatif yang saya miliki adalah selalu berkreasi untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Sebagai contoh pada saat sekolah dasar pun, syaa sudah berpikir "tutunjuk" yang biasanya terbuat dari lidi saya buat dari bambu dengan berbagai motif. Kemudian saya jual ke teman-teman.

Setelah mengikuti pembelajaran dalam program guru penggerak nilai itu harus saya kuatkan dan ditambah dengan nilai yang lain yaitu reflektif, kolaboratif dan berpihak kepada peserta didik.

Reflektif memang perlu dimiliki oleh seorang guru penggerak, sebab selalu mengoreksi diri sehingga terus memperbaiki diri agar mencapai kesempurnaan.

Kolaboratif harus dipupuk karena pemikiran dengan orang berbeda yang disangka akan menghasilkan produk yang luar biasa. Seorang guru penggerak.

Saya pun harus bisa berpihak pada peserta didik. Ini yang belum saya dapat terapkan sepenuhnya. Saya masih diminta teacher center, terutama pada saat pandemi seperti ini.

Saya juga sebagai seorang guru penggerak harus memiliki peran diantara saya harus menciptakan well being ekosistem sekolah.

Berpartisipasi aktif dalam komunitas belajar seperti MGMP, KKG, MKKS. Menjadi caoch bagi guru lain dan dapat menumbuhakan kepemimpinan peserta didik.

Dalam perjalanan. masih banyak hambatan yang perlu saya sikapi, namun dengan keyakinan yang kuat in syaa Allah akan menemukan penyelesaian, dengan terus berbuat baik dan melakukan perubahan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, kegiatan yang luar biasa Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

09 May
Balas



search

New Post