Laeli Sigit

Mengawali sekolah menengah di SMP 1 Kebumen, SMAN 1 Kebumen, S1 IKIP Yogyakarta / UNY dan S2 di Malang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Membiasakan membaca pada anak

Membaca merupakan suatu hal yang dapat membantu kita untuk mengembangkan kepribadian kita. Dengan membaca, dapat mengajarkan kita banyak hal yang belum kita ketahui sebelumnya sekalipun ilmu yang sudah kita dapatkan dari sekolah. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mampu untuk mengajarkan sejak dini kepada anak-anak untuk membiasakan diri dengan kegiatan membaca.Kebiasaan membaca dapat menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Para orang tua wajib menanamkan kebiasaan membaca sejak dini. Bagaimana caranya?

Membacakan sesuatu sejak anak di kandungan dan setelah lahir. Sehingga jika orang tua rajin membacakan buku berkisah setiap harinya sejak sang buah hati dalam kandungan dan swtelah lahir lahir maka dia akan memiliki potensi menjadi orang yang penuh rasa ingin tahu saat dia tumbuh besar nanti.

Beri contoh dengan cara membiasakan anak melihat orang tua sedang membaca( membaca buku, majalah, blog atau artikel secara online), cobalah biarkan anak-anakmu melihat apa yang sedang kamu kerjakan. Karena anak-anak cenderung untuk mengikuti apa yang mereka lihat setiap harinya dengan cara meniru. Jika anak melihat orangvtua terlihat senang dan menikmati waktu membaca, maka anakjuga pasti akan mengikuti minat membaca orang tua.

Akan lebih baik lagi jika di rumah ada tempat membaca

Tempat membaca tidaklah harus sebuah ruangan yang besar dan memiliki banyak rak buku. Cukup menyediakan sofa atau kursi membaca di sudut kamar anakmu. Pastikan tempat sofa atau kursi tersebut berada ditempat yang pencahayaannya cukup dan tempat tersebut nyaman saat dia membaca.

Biarkan anak mulai membaca dari buku apa saja yang disukai untuk dibaca ( novel, komik, cerita bergambar dll)

Jangan pernah memaksakan apa yang seharusnya dia baca, biarkan dia bebas memilih topic atau minat apa yang dia sukai untuk dibaca. Anak-anak memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi akan suatu hal, oleh karena itu alangkah baiknya membiarkan dia memilih sendiri apa yang dia sukai untuk dibaca. Sehingga dia tidak akan memiliki sebuah pemikiran bahwa membaca itu adalah sebuah beban. Biarkanlah dia untuk meng-explore sendiri apa yang dia sukai. Sehingga muncul ke iasaan membaca.Awali dengan mengajarkan untuk memiliki waktu membaca setiap harinya.Dan

membaca kini tidaklah selalu harus dari sebuah buku, ajarkanlah dia saat dia mulai dewasa untuk memiliki waktu setiap harinya untuk membaca walaupun tidak harus dari buku ( artikel, e book dll). Sehingga anak akan merasakan bahwa kegiatan membaca setiap hari itu tidak menyusahkan.

Kadang orang tua perlu menemaninya sesekali dan tanyakan apa ada hal yang dia tidak mengerti dari apa yang dia baca dan cobalah untuk menjelaskan hal yang dia tidak mengerti tersebut, dengan begitu orangvtua bisa mengikuti perkembangan membaca si anak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post