Laeli Sigit

Mengawali sekolah menengah di SMP 1 Kebumen, SMAN 1 Kebumen, S1 IKIP Yogyakarta / UNY dan S2 di Malang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Membuat anak merasa dicinta ( # tantangan hari ke _8)

Tidak semua anak merasa dicintai oleh orang tua sekalipun orang tuanya mengatakan bahwa mereka mencintainya. Ini cara agar cinta Anda sampai pada anak.Setiap orang tua pasti mencintai anaknya. Tapi belum tentu anak merasa dicintai oleh orang tutuanya.Karena anak-anak menilai rasa cinta orang tua lewat tindakan. Bukan sekedar lewat kata-kata.

Beberapa orang tua yang menyatakan cinta pada anaknya di media sosial justru memiliki anak yang tidak merasa dicintai

Ketika bersama baik anak maupun orang tua sebaiknya meminimalkan penggunaan hp atau hap disimpan. Karena moment bersama anak proses untuk mengetahui masa tumbuh kembangnya.

Mengusahakan makan bersama.Tak harus tiga kali makan bersama. Namun, Anda bisa memilih satu waktu khusus makan bersama keluarga setiap harinya, misalkan saat makan malam.Jika dalam satu keluarga memiliki jadwal yang berbeda, upayakan untuk menyisihkan satu maupun dua hari khusus untuk makan bersama keluarga lengkap. Jadikan ini sebagai tradisi agar anak memiliki ingatan baik tentang obrolan meja makan dengan orang tuanya.

Memberlakukan ritual jelang tidur ini sejak dini. Misal dengan mengajaknya sikat gigi sebelum tidur, memberikan pelukan selamat tidur, maupun membacakan cerita / ngobrol bersamanya. Bila sudah jadi kebiasaan, anak akan selalu menunggu-nunggu ritual jelang tidur ini. Hubungan Anda dan anak pun akan semakin akrab. Akan lebih baik lagi jika ada sentuhan fisik

Biasakan untuk selalu memeluk, mencium, maupun membelai anak. Selain membuat anak merasa dicintai, hal tersebut juga akan menghindarkannya dari depresi yang mungkin ia alami ketika dewasa.Sentuhan fisik juga bisa memberikan rasa aman padanya. Jika orang tua memberikan rasa aman pada anak, maka anak tak segan menceritakan perasaannya pada orang tua.

Sediakan waktu khusus yang berkuaitas dengan mencurahkan perhatian hanya kepada anak, bukan sekedar duduk menemani, sehingga bahwa sehingga orang tua bisa memenuhi kebutuhan emosionalnya.

Dan dianjurka ketika ngobrol harus kintak mata, sehingga membuat anak merasa dicintai oleh orang tua. Karena perhatian Anda padanya akan membuat ia merasa dihargai dan dianggap penting oleh orangtuanya.

Dan yang tidak kalah penting adalah tersenyum padanya akan ditiru oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. Kelak, wajah ceria orang tua/ bunda yang akan menghibur dirinya di kala sedih maupun ketika mendapat masalah di luar rumah.

Selain itu anak harus melihat contoh orang di sekitarnya yang bisa jadi pelecut semangatnya dalam berprestasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post