Lailla NQ

Seorang pengajar di SD N 1 Kranji Purwokerto. Senang berteman dan belajar banyak hal. Sedang berproses mematangkan kemampuan menulis di gurusiana. Berbagi manfa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perubahan sebagai  Sebuah Tantangan dan Peluang

Perubahan sebagai Sebuah Tantangan dan Peluang

 

 

Oleh Lailla NQ

Guru dan Pegiat Literasi

 

 

 

 

 

Judul buku: Guru Masa Depan sebagai Agen Perubahan

Penulis: 29 Alumni Sagusabu Kediri

Penerbit: Pustaka Media Guru

Cetakan: I, 2020

Tebal: viii + 180 halaman

 

 

Pepatah latin mengatakan, tempora mutantur et nos mutamur in illis (waktu berubah dan kitapun berubah karenanya). Keniscayaan seperti ini pula yang disadari oleh 29 guru hebat Alumni Sagusabu Kediri. Dalam berbagai ulasannya, buku ini mengajak pembaca untuk menyatukan persepsi bahwa, pendidikan adalah milik bersama dan harus diperjuangkan bersama. Sebab, pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia “Education is the most powerfull weapon which you can use to change the world”  (Nelson Mandela).

 

Buku ini menawarkan berbagai gagasan yang dapat dilakukan guru dalam merespon perubahan tersebut. Melalui pengembangan pembelajaran kontekstual (contextual teaching), guru mampu memaksimalkan peran siswa dalam pembelajaran. Termasuk bagaimana deep learning (pembelajaran yang mendalam) sebagai pembelajaran yang membaurkan antara faktor think, communicate, work, and learn (CTWL), bisa dijadikan satu pilihan tepat seorang guru dalam mengajar. Hal ini dijabarkan secara jelas dan lugas dalam salah satu artikel yang ditulis oleh Sussi Widiastuti (hal 41).

 

Belum lagi beberapa ulasan menarik tentang kesiapan guru menyongsong hadirnya generasi emas pada tahun 2045. Generasi yang digadang-gadang menjadi impian besar negara Indonesia, terlebih lagi dalam bidang pendidikan. Guru, lagi-lagi diajak untuk terus mampu beradaptasi secara massive di tengah arus disruptif. Dan pada akhirnya, guru mampu mengaktualisasikan diri melalui pengembangan kompetensi guru dalam teknologi digital, penanaman pendidikan karakter, dan perluasan wawasan literasi guru lainnya (hal 178). Beberapa hal inilah yang menjadikan buku ini tepat untuk dijadikan rujukan para guru untuk melahirkan spirit intelektual menuju guru profesional. Sehingga perubahan, sejatinya bukanlah menjadi hambatan, akan tetapi tantangan sekaligus peluang guru untuk pengembangan dirinya.

 

Namun barangkali akan lebih istimewa jika di dalam penjelasannya dilengkapi dengan beberapa contoh riil implementasinya di sekolah, yang sudah dilakukan oleh penulis. Tentu, agar lebih memberi gambaran bagi pembaca yang memiliki profesi yang sama. Walaupun masih ditemukan beberapa kesalahan pengetikan atau typo dalam penulisannya, namun hal ini tidak menjadi selilit  berarti untuk pembacanya. Buku ini, tetaplah recommended dan istimewa.

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Salam

31 Jan
Balas

salam kenal, Bu. Terima kasih. Siap follow ibu.

31 Jan

Alhamdulillah, terimakasih semoga bermanfaat, sehat dan seukaes sll bunda

31 Jan
Balas

Sangat menginspirasi, Bunda.. terima kasih.

31 Jan

Keren bu. Sedikit koreksi, tulisan ini bukan opiini tapi resensi. Salam kenal. Sudah saya follow. Semoga sehat dan sukses selalu

31 Jan
Balas

Sudah diperbaiki, bu. Terima kasih sudah mengingatkan. salam kenal, bundaa

31 Jan

Alhamdulillah. Sudah ada resensi sekaligus promosi. Namaku tertera diantara deretan yang tereja di Buku ini. Terimakasih. Salam literasi

31 Jan
Balas

Salam, bunda...karya yang luar biasa dari teman kediri.

31 Jan

Salam, bunda...karya yang luar biasa dari teman kediri.

31 Jan



search

New Post