LANTARI MUHINGGAR

Manusia Pembelajar Guru Matematika di SMPN 2 Bojongmangu Kabupaten Bekasi Jawa Barat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantang Diri, Perjalanan Ini Harus Menuai Arti!
Gambar : https://telset.id/apps/aplikasi-kerja-sampingan-online/

Tantang Diri, Perjalanan Ini Harus Menuai Arti!

Waktu bergulir dengan cepatnya! 24 jam tak terasa, seperti baru saja bangun tidur eh sudah mau tidur lagi. Terasa seperti baru kemarin tahun baru 2022, sekarang sudah berganti menjadi 2023. Tentu teman-teman merasakannya juga kan, cepatnya sang waktu berlalu. Jatah usia di dunia juga semakin berkurang, tentunya dengan sisa umur yang ada harus ada perubahan. Harus ada perubahan, wajib hukumnya. Seperti untaian kalimat yang pernah diucapkan oleh Sayidinah Ali Bin Abi Thalib. Apabila hari ini sama dengan hari kemarin berarti merugi, hari ini lebih buruk dari hari kemarin berarti celaka, dan yang terakhir bila hari ini lebih baik daripada hari kemarin maka beruntung.

Tentunya saya dan anda pasti ingin menginginkan yang terakhir, beruntung. Siapa sih yang tidak mau mendapatkan keberuntungan, pasti semua orang mengingkannya. Namun yang jadi pertanyaannya apakah keberuntungan semacam jackpot yang datang sendiri tanpa kita melakukan apapun. saya kira tidak, butuh effort, doa, dipenuhi dengan tetesan keringat, peluh dan air mata tentunya.

Awal tahun biasanya berhubungan dengan pembuatan resolusi. Resolusi satu tahun kedepan, tentunya tidak hanya sebatas tulisan tanpa adanya action. Action pun membutuhkan konsistensi. Konsisten sendiri perlu dilatih dan dipaksa supaya menjadi habit. Konsisten itulah yang nantinya akan mengantarkan kita mencapai resolusi-resolusi. Berbicara resolusi tentunya berhubungan dengan karya. Hidup harus menelurkan karya, kenapa harus. Karena dalam agama Islam dan agama lain pun tentunya sangat mengapresiasi siapa yang bekerja dan berkarya. Bekerja dan berkarya termasuk amal shaleh. Maka saya dan anda ayo kita berkarya!

Berbicara mengenai karya,saya sering terpikirkan buat apa ya, mulai dari mana ya, kira-kira nanti disukai tidak ya oleh banyak orang, bingung dan akhirnya tidak memulai. Anda perlu tau ini adalah karya saya pertama di tahun 2023, memaksakan diri,potensi diri saya pacu untuk mengikuti lomba opini ini. Semoga anda pembaca menyukai tulisan saya ini. Tentunya karya ini adalah induk dari karya-karya saya yang lain, Insya Allah semoga Allah memudahkan.

Seorang ahli pun awal mulanya adalah seorang pemula yang tidak berhenti berkarya. Berbekal dari quote ini yuk saya mengajak diri saya sendiri dan anda sekalian mari sama-sama membuat perubahan terkhusus untuk diri sendiri. Sesuatu hal yang besar awalnya dari hal-hal yang kecil. Memulai karya dengan hal kecil saya rasa nantinya akan menjadi sesuatu hal yang besar dan bermanfaat tentunya untuk diri sendiri bahkan orang lain dan lingkungan serkitar. Gambaran kecil resolusi saya di tahun 2023 ini, terkait karya karena profesi saya sebagai guru, setiap saya mengajar ada kejadian-kejadian di kelas entah itu berupa permasalahan, curhatan, celoteh dan bahkan ide-ide. Menantang diri untuk rutin menuliskannya, nah setiap akhir pekan saya akan mereview kembali catatan saya. Akhir tahun kumpulan catatan saya, akan saya jadikan sebuah buku. Hmmm rencana selanjutnya konten kreator video pembelajaran, dengan cara merekam aktivitas siswa saat pembelajaran, unggah di media sosial sebagai bahan review diri sendiri atau bahkan teman guru untuk pembelajaran di tahun-tahun selanjutnya.

Lagi-lagi kuncinya tentu harus konsisten donk, teguh dalam menjalankan resolusi tersebut. Saya yakin ketika karya yang pertama dapat diselesaikan maka karya-karya selanjutnya akan mudah diselesaikan juga. Karena hal yang paling sulit itu adalah saat memulainya, dan tentunya menjaga semangat hingga akhir. Tulisan-tulisan ini tentunya tidak hanya menyemangati anda sebagai pembaca, tetapi saya juga sebagai penulis.

Karya terhebat menurut saya adalah keistiqomahan diri dalam melakukan perubahan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Tantang diri untuk melakukan perubahan, dengan etos kerja wujudkan karya-karya hebat yang tentunya bermanfaat buat diri sendiri, dan orang lain. Mulailah dari hal kecil, mulailah dari diri sendiri dan yang paling penting mulailah dari sekarang. Hidup hanya sekali, jangan menua tiada arti.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post