Lastrawati.M.Pd

Hajjah Lastrawati, M.Pd, lahir di kota budaya, Batusangkar tanggal 3 Nopember 1972 , dari pasangan H.Harmaini datuk Tumanggung dan Hajjah Nursina. Putri k...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bagaimana meminimalisir permasalahan dalam pembelajaran Daring ? bagian 1

Bagaimana meminimalisir permasalahan dalam pembelajaran Daring ? bagian 1

TMH ke 64

Lastrawati, pengawas SMP kab. Tanah datar

Bagian 1

Semenjak Surat Edaran kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19, pelaksanaan pembelajaran dari rumah sudah dilaksanakan . Pada tulisan yang lalu penulis mengungkapkan beberapa permasalahan yang terjadi . Permasalahan itu juga berdasarkan pengamatan dan diskusi dengan kepala sekolah binaan penulis tentang permasalahan yang terjadi sehubungan proses belajar dari rumah dengan daring .Dan permasalahan itu berasal dari guru, siswa dan orang tua murid. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut perlu penulis menguraikan apa apa saja tugas tugas kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa di masa pembelajaran dari rumah yang sekarang kita kenal dengan BDR.

Tugas kepala sekolah pada masa pandemic covid 19 diantaranya adalah: Berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan terkait proses KBM dan dukungan sarpras/ kebiajakan yang terkait. Menetapkan pengelolaan Satuan Pendidikan Darurat yang terjangkau oleh sekolah, Guru dan Peserta didik . Berkomunikasi dengan guru-guru memastikan KBM berjalan baik melalui daring maupun daring.Mengkordinasikan materi/kompetensi siswa yg akan di capai serta laporan pelaksanaan pembelajaran dan hambatannya. (Lap persiapan KBM RPP dan Media).Berkomunikasi dengan orang tua wali murid tentang rencana pelaksanaan pembelajaran dan media yang di pakai (disesuaikan kemampuan orang tua). Membuat Program saluran komunikasi dengan orang tua (menerima keluhan dll). Menerbitkan SK Tim Siaga Covid 19 di sekolah. Peningkatan Kapasitas Guru terkait penggunaan media dan hambatan kompetensi.

Selanjutnya seorang kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah juga sebaiknya juga melakukan hal hal berikut: Memberikan surat tugas pada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang diampu guru melalui berbagai media online. Membuat surat edaran kepada orangtua tentang pelaksanaan pembelajaran di rumah atau home learning dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan virus corona di sekolah. Melakukan sosialisasi kepada siswa mengenai media pembelajaran secara daring dan tata cara penggunaan media tersebut. Melakukan pengendalian dan pengawasan atas pelaksanaan pembelajaran di rumah yang telah ditugaskan kepada guru. Melaporkan hasil kegiatan belajar di rumah kepada dinas pendidikan.

Keberhasilan sebuah sekolah dalam pembelajaran tidak hanya kepala sekola yang harus tahu tugasnya, guru juga harus lebih memahami apa tugas yang harus dilakukan pembelajaran jarak jauh ini. guru berperan pada pengelolaan kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru itu seorang pendidik, pengajar sebagai manager dikelasnya meskipun didunia maya.

bersambung ya..

Limakaum 23 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

oke bunda, keren banget bunda, salam suskes dan salam lietrasi

23 Jul
Balas

Salam loterasi kembali bu habibah

23 Jul



search

New Post