Lastrawati.M.Pd

Hajjah Lastrawati, M.Pd, lahir di kota budaya, Batusangkar tanggal 3 Nopember 1972 , dari pasangan H.Harmaini datuk Tumanggung dan Hajjah Nursina. Putri k...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bakaba  dalam pantun  dari rantau

Bakaba dalam pantun dari rantau

TMH ke 75

Bakaba dalam pantun

========

LAH MANDAGAK BANA

By. Perantau minang rumah panjang

=========

Luhua Abih Patang lah masuak

Hari nan lindok lindok tangguang

Tabik lah tangih sambia duduak

Tabayang sanak tingga di kampuang

======

Dipasang niat dari samulo

Indak taniat ma urak lai.

Alah di cubo bausaho

Rasaki nan alun mamadai.

=====

Bacakak batin sambia manangih

Manahan Ratok ba ibo ibo.

Mamintak badan ka nan ilahi

Tacaliak juo rumah Pusako.

========

Bakaba dalam pantun maksudnya menyampaikan pesan atau berkabar dalam pantun , dari pantun diatas perantau minang ini menyampaikan bahwa setelah zuhur sore datang , hari yang mendung, mencermin hatinya yang sedang bersedih karena dia teringat saudaranya yang dikampung. Dia menyampaikan bahwa dia sudah pasang niat dari awal dan dia sudah berusaha untuk mencari rezeki namun mbelum memadai, sehingga hatinya jadi sedih batinnya menagis menahan tangis , dan dia meminta pada yang kuasa dan Allah SWT dia berdoa agar bisa melihat rumah pusakonya yang dikampung.

Lima kaum 5 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu Lastrawati. Salam literasi, sukses selalu.

05 Aug
Balas

Makasih pak .

06 Aug

Sabana mantap dinda, lanjutkan say

31 Oct
Balas



search

New Post