Lastrawati.M.Pd

Hajjah Lastrawati, M.Pd, lahir di kota budaya, Batusangkar tanggal 3 Nopember 1972 , dari pasangan H.Harmaini datuk Tumanggung dan Hajjah Nursina. Putri k...

Selengkapnya
Navigasi Web
Desa Terindah didunia   bagian 1

Desa Terindah didunia bagian 1

TMH ke 68

by. Lastrawati, Pengawas SMP kab. Tanah Datar

Pariangan desa terindah di dunia…

Apakah anda pernah mendengar desa terindah didunia? Ya ia terletak diSumatera Barat , nama daerahnya Nagari Pariangan , kec pariangan kabupaten Tanah Datar. Desa disumatera barat dinamakan Nagari. Nagari Pariangan Adalah nagari yang terpilih menjadi desa terindah didunia versi Budget Travel yang merupakan media pariwisata berpengaruh di dunia. Desa ini masuk dalam 5 besar Desa Terindah disandingkan dengan Wengen di Swiss, Exe di Prancis, Niagara on The Lake di Canada dan Cesky Krumlov di Ceko. Hal ini sungguh penghargaan yang memukau untuk Indonesia. Karena hal ini sebagai putri yang berasal dari kecamatan pariangan terpanggil untuk menuliskan tentang nagari pariangan khususnya, kecamatan pariangan umumnya. Semoga dengan membaca tulisan ini banyak yang tertarik untuk datang ke nagari pariangan dan nagari nagari indah lainnya yang berada di kabupaten Tanah datar .

Kalau bercerita tentang nagari Pariangan sangat menarik , karena pariangan ini merupakan negeri asal muasal Minang kabau . menurut cerita dan tambo Minang kabau yang sering ditulis oleh sejarawan Minang kabau menyatakan di sinilah pertama kali nenek moyang orang Minang berasal atau berada. Sebagai orang minang tahu hal ini dari pepatah adat yang selalu disampaikan diacara acara adat yang bunyinya kira seperti ini “ Dimano Titiak palito, Dibaliak teloang nan batali, Cahayo tarang bamego mego, Mambayang sampai ka subarang, Dari mano asa niniak kito, Dari lereng gunuang merapi, turun ka ligundi nan baselo, Di Pariangan dipatah rating sikakau , dipatah dipasilangkan, Takambang adat di Minang kabau, Batumpuak dipariangan, Disinan adaik nan bagantang, gantang bareh puluik padi” dari pepatah ini tergambar bahwa asal muasal nenek moyang orang minang itu berasal dari lereng gunuang merapi turun kesebuah tempat yaitu ligundi nan baselo yang terletak katanya di nagari pariangan disini dia berkembang , tak terkecuali adat istiadat Minang kabau. Dan setelah menyebar ke tigo luak.

Nagari paariangan ini adalah nagari tertua di daerah Minangkabau, yang terletak di lereng gunu merapi , kec pariangan , Kabupaten Tanah datar Sumatera Barat. Nagari ini sangat mempesona baik pemandangannya begitu juga suasana yang asri, orisinil dan tenang dan letaknya tertinggi. Pariangan ini merupakan nagari yang tinggi nilai seni dan kaya dengan wisata adat dan budaya. Kekayaan itu di ditandai dengan berbagai citus cagar budaya serta terpilihara keberadaaannya. Seperti Rumah gadang Angku Bandaro Kayo, Mesjid ishlah pariangan, kuburan panjang, sawah gadang, satampang baniah, balai saruang, Puncak mortir dan sebagainya .

bersambung besok ya..

Lima kaum 28 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post