Latifatul Qolbiyyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TUGAS 1.2.a.8 KONEKSI ANTAR MATERI

Setelah saya mempelajari pembelajaran dari modul 1.1 hingga modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P) :

1. Peristiwa

Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 hingga modul 1.2 adalah :

a. Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak dengan menyesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Guru hanya menebalkan laku murid agar menjadi manusia yang berbudi pekerti.

b. Di dalam Modul 1.2 saya mempelajari mengenai nilai-nilai dan peran guru penggerak. Dengan mengetahui nilai dan peran guru penggerak saya semakin yakin apa yang harus saya lakukan ke depannya. Sebelum saya mempengaruhi dan menggerakkan orang lain, maka terlebih dahulu dalam diri saya harus ada rasa untuk tergerak, bergerak, kemudian baru menggerakkan orang lain.

Kaitan antara modul 1.1 dan 1.2 yang saya pahami adalah bahwa guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik harus berhamba kepada siswa dan tidak boleh memaksakan kehendaknya. Dalam perannya sebagai among siswa guru harus bertindak sesuai dengan peran dan nilai-nilai guru penggerak.

2. Perasaan

Setelah saya mempelajari materi , saya merasa sangat tersentil dengan apa yang sudah saya lakukan. Selama ini saya belum memahami tentang kodrat alam siswa, sehingga pendidikan yang saya laksanakan kadang bersifat memaksa.

3. Pembelajaran

Sebelum momen tersebut terjadi saya menyadari bahwa masing-masing siswa memang memiliki kemampuan yang berbeda. Namun saya tetap memberikan tuntutan kepada anak sesuai dengan target yang saya tetapkan. Setiap anak harus bisa memenuhi target.

Setelah saya mempelajari modul 1.1 dan 1.2, maka saya menyadari bahwa apa yang saya lakukan ini adalah salah. Sebagai guru saya tidak boleh memaksakan kehendak saya terhadap anak. Layaknya seperti petani yang berperan dalam merawat padinya, maka saya sebagai guru juga berperan dalam menuntun kekuatan kodrat yang ada pada anak untuk mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

4. Penerapan ke depan (Rencana)

Pengembangan diri yang sederhana, konkret, dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak adalah :

a. Mendesain pembelajaran yang mengutamakan keberpihakan pada siswa.

b. Membangun hubungan yang positif dengan semua pihak (siswa, orang tua, kepala sekolah, teman sejawat, komite, dan stakeholder terkait).

c. Mendesain pembelajaran berbasis IT sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21 (kodrat zaman).

d. Selalu adaptif terhadap perkembangan teknologi pendidikan dan ilmu pengetahuan dengan aktif mengikuti kegiatan diklat maupun seminar/webinar.

e. Aktif dalam komunitas praktisi termasuk kegiatan KKG.

f. Bersikap terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain.

g. Selalu melakukan refleksi terhadap apa yang dilakukan, baik pembelajaran maupun kegiatan lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post