Laurensia umi

GURU KIMIA MAN 3 JAKARTA Umi begitulah anak anak memangilku. Buku Small Scale Chemistry adalah buku pertamanya. Disamping 5 buku antologi dan buku dari K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hasad
Hasad. Sumber: slide share

Hasad

Hasad adalah penyakit hati. Nama lain dari hasad adalah dengki atau iri hati terhadap orang lain yang mendapat karunia dari Allah SWT.

Penyakit hati seperti hasad ini harus dihindari tiap Muslim agar selamat di dunia dan akhirat.

Dalam Al-Qur'an Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:

فَطَوَّعَتْ لَهُۥ نَفْسُهُۥ قَتْلَ أَخِيهِ فَقَتَلَهُۥ فَأَصْبَحَ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Artinya: "Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang di antara orang-orang yang merugi."

Dari ayat di atas terlihat bahwa sifat dengki sangat berbahaya. Dilansir dalam buku "Akhlak Madzmumah dan Cara Pencegahannya" oleh Drs. Rik Suhadi, S.Th.I menjelaskan An-Nawawi rahimahullah berkata: "Hasad adalah menginginkan hilangnya nikmat dari yang memperbolehkannya, baik itu nikmat dalam agama ataupun dalam perkara dunia."(Lusiana Mustida,detikNews 30 Maret 2021)

Hasad merupakan penyakit hati yang berbahaya karena dapat menjadi sumber malapetaka. Hasad dapat mengakibatkan perbuatan tercela lainya yang lain, seperti fitnah, caci maki, kufur nikmat, marah bahkan tega untuk membunuh.

Orang yang hasad akan menutup mata dengan semua kebaikan, apapun yang diucapkan orang tersebut akan dianggap keburukan. Tapi Ia sadari sediit demi sedikit akan mengrogoti pahala kebaikan yang ia miliki, bahkan bisa membuatnya kelak di akherat menjadi orang yang bangkrut. Artinya apa yang ia miliki akan hilang bahkan akan menanggung dosa orang lain. Astaghfirullah....sungguh merugi orang seperti itu.

Salah satu cara untuk kita menghilangkan rasa dengki atau hasad tadi adalah dengan memperbanyak dzikir, karena dzikir itu membersihkan hati, perbanyak ibadah dan berkumpul dengan orang Sholeh. Satu lagi cara jitu lainya yaitu perbanyak bersyukur dengan apa yang ada, sibukkan diri dengan memperbaiki segala kekurangan kita. Hingga tak ada waktu untuk mengusik orang lain.(Jakarta, 28 September 2021)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post