Leni Cahya Pertiwi

Leni Cahya Pertiwi, S.Pd adalah seorang guru di MTs Lempur Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci, Jambi. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bedah Opini Dan Foto Jurnalistik Penutup Webinar MLI 8
Sumber: Dokumen Grup WA Majalah Literasi Mediaguru

Bedah Opini Dan Foto Jurnalistik Penutup Webinar MLI 8

Bedah Opini dan Foto Jurnalistik Penutup Webinar MLI 8

Oleh : Leni Cahya Pertiwi

Hari ini, 30 Januari 2022 merupakan pertemuan terakhir zoom meeting kelas menulis Majalah Literasi Indonesia 8.

 

Lewat beberapa menit dari pukul satu siang, acara dibuka dengan doa bersama. Tak kurang dari 140 peserta yang hadir, akhirnya tersenyum bahagia. Pasalnya, dua pemateri yang ditunggu telah hadir ditengah mereka. 

 

Materi pertama disampaikan langsung oleh Pemred Mediaguru, Eko Prasetyo. Tanpa banyak cincong Sang Pemred langsung membuka file Opini salah seorang peserta. Kesalahan tata bahasa dikupas tuntas tanpa ampun.

 

Bagusnya, Eko Prasetyo yang biasa disapa Mas Eko itu, tak hanya menyalahkan, tetapi memberi beberapa opsi perbaikan. Koreksi dan saran yang disampaikan diharapkan bisa menjadi panduan untuk perbaikan naskah yang telah dikirimkan. Selain itu, hal tersebut tentu sangat berguna bagi peserta yang berminat menulis opini pada Majalah Literasi Indonesia 8 nanti. 

 

Selanjutnya, sesi fotografi disampaikan oleh Abdur Rohman yang lebih suka dipanggil Om Roy. Menurutnya, ada tiga kriteria sebuah foto disebut sebagai foto jurnalistik. Setidaknya, setiap foto harus mengandung salah satunya. Kriteria dimaksud adalah kesegeraan, mampu memancing emosi, dan kemampuannya dalam menyajikan fakta dari satu sudut pandang.

 

Berikutnya Om Roy menyampaikan karakteristik dan jenis foto jurnalistik. Penyajian disertai contoh foto dimaksudkan membuat peserta zoom dapat memahami materi dengan mudah dan menyenangkan. 

 

Referensi buku merupakan materi penutup pertemuan hari ini. Beberapa peserta terlihat bersemangat mengajukan pertanyaan, baik kepada Mas Eko maupun Om Roy. 

 

Zoom meeting berakhir sekitar pukul 15.30 setelah sebelumnya Mas Eko menyampaikan tugas yang harus dikumpulkan peserta. 

 

 

Loged, 30012022

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren reportasenya Bu Leni Cahya, Barokallah

31 Jan
Balas

Terima kasih Pak Syaihu. Belajar untuk tugas nanti.

31 Jan

Keren reportasenya, Bu. Salam sukses selalu.

31 Jan
Balas

semangat. Salam literasi, sukses selalu.

31 Jan
Balas

Terima kasih Pak Edi. Salam sukses juga buat bapak.

31 Jan

alhamdulillah bu leni mantab, lengkap catatannya, terimakasih, salam literasi, ijin follow ya

31 Jan
Balas

Terima kasih Bu Atik. Salam sukses dan literasi.

31 Jan

Semoga bisa mengirim tulisan di MLI 8

31 Jan
Balas

Aamiin. Sama Bu, saya juga berharap yang sama. Ayo semangat.

31 Jan

Keren reportase nya

31 Jan
Balas

Keren reportase nya

31 Jan
Balas

Terima kasih Bu Fifit. Salam literasi

31 Jan

Reportase keren Bu..

31 Jan
Balas

Terima kasih Bu Rita. Salam sukses selalu

31 Jan

Reportase yang mantab bu Leni.

31 Jan
Balas

Terima kasih Bu Siti. Salam sukses.

31 Jan

Ulasan yang sangat inspiratif. Sukses selalu.

31 Jan
Balas

Terima kasih Pak Fadlin. Sukses juga buat bapak

31 Jan

Manta Bund ulasannnya. Sukses selalu

31 Jan
Balas

Terima kasih Bu Seir. Sukses selalu

31 Jan



search

New Post