Leni herlina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Permulaan dakwah Nabi Muhammad Saw

Baiklah ananda sekalian kita akan melanjutkan materi Minggu tiga dan empat, mudah-mudahan kita semua dalam hidayah dan lindungan Allah SWT aamiin.untuk materi esensial selanjutnya,yaitu PERMULAAN DAKWAH NABI MUHAMMAD Saw.

Nabi angkat menjadi rasul ketika usia 40 tahun, peristiwa ini terjadi di bulan Juli 610M, bertepatan dengan 17 Ramadhan tahun 13 sebelum hijriah.beliau diangkat ketika sedang bertahanus digua hira' diJabal Nur.sebelah Utara Makkah.

Surat yang pertama kali turun yaitu Al alaq surat ke 96 ayat 1-5, kemudian turun Qs Al mudassir yang berisi perintah agar Nabi Muhammad berdakwah, mulailah Nabi berdakwah secara sembunyi-sembunyi ini berdasarkan Qs asy syuara'214.Yang artinya:Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabat mu yang terdekat.

Pada periode sembunyi-sembunyi ini Nabi Muhammad berdakwah selama lebih kurang 3th.kerabat Nabi yang menerima dakwah atau yang lebih dikenal assabiqunal awwalun ( orang yang pertama masuk Islam).yaitu:

1.siti khadijah(wanita pertama yang masuk Islam)

2.Ali bin Abi Thalib ( dari golongan anak-anak)

3.Zaid bin haritsah(hamba sahaya)

4.Abu bakar as Siddiq (sahabat)

5.dll

Pusat dakwah sembunyi-sembunyi,dilakukan nabi dirumah argham bin abil argham.beliau berjuang keras tanpa mengenal lelah,meski begitu banyak ancaman dan kecaman terhadap diri, keluarga dan sahabat beliau.dakwah sembunyi-sembunyi ini berakhir ketika turun perintah untuk berdakwah secara terang-terangan,Qs Al Hijr ayat 94,setelah turun ayat ini mulai nabi dakwah terang-terangan,dibukit Shafa, dakwah ini langsung ditentang oleh pamannya Abu lahab, peristiwa ini diabadikan oleh Alloh dalam QS Al lahab .

Selama 13 tahun Nabi berdakwah di Makkah,(610-622)beliau menerima Wahyu Secara berangsur-angsur.surat-surat yang diturunkan di Makkah disebut surat Makkiyah yang meliputi 89 surat.

Demikianlah materi Minggu ketiga dan keempat kita kali ini, semoga ananda membacanya dengan baik dan benar.

Untuk tugas Minggu 3

1.Umur berapa Nabi Muhammad diangkat jadi rasul.?

2.Kapan Wahyu pertama turun dan Q.surat apa?

3.Sebutkan nama-nama assabiqunal awwalun (orang yang pertama masuk Islam

4.Dirumah siapa Nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi.

Tugas Minggu ke 4

1.Menulis Qs as syu'ra ayat 214

2.Apa kandungan QS Al Hijr ayat 94.

Selamat bekerja,(AKU BISA)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post