Leni Rosmita

Hoby membacanya dari kecil belum memunculkan keinginannya untuk menulis dan berkarya lewat tulisan, hingga awal Mei 2020 ia membuka akun gurusiana dan mulai men...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pentingnya Literasi Keuangan

Oleh: Leny Rose

Tantangan Gurusiana Hari ke-26

Bismillah…

Sahabat Gurusianer masih ingatkah tentang kampung miliarder di Tuban, Jawa Timur? Mereka berbondong-bondong membeli mobil mewah setelah menjual tanahnya ke Pertamina dan mendapatkan uang miliaran rupiah. Warga Desa Sumurgeneng Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban tersebut sempat viral Februari 2021, karena membeli mobil beramai-beramai, sehingga dijuluki kampung miliarder.

Namun kini, mereka menyesal telah menjual tanahnya karena mereka tidak memiliki pekerjaan lagi. Uang yang mereka dapatkan habis untuk membangun rumah, membeli mobil dan kebutuhan konsumtif lainnya. Beberapa warga bahkan harus menjual ternaknya untuk bertahan hidup.

Dari kasus di atas, kita harus menyadari pentingnya literasi keuangan sejak dini. Beberapa ahli dalam bidang ekonomi berpendapat bahwa literasi keuangan adalah seperangkat pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam membuat keputusan dan kebijakan yang efektif dengan memanfaatkan seluruh sumber daya keuangan yang dimilikinya. (Manurung)

Sedangkan Mitchell berpendapat bahwa literasi keuangan adalah cara mengukur kemampuan setiap orang dalam menjalani berbagai informasi ekonomi yang didapatkannya. Sehingga memungkinkan mereka untuk mampu mengambil keputusan dalam membuat perencanaan keuangan, akumulasi keuangan, hutang dan dana pensiunnya.

Literasi keuangan mampu membuat seseorang mengelola dan juga mengambil setiap peluang untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan.

Masyarakat memerlukan tingkat literasi keuangan yang baik agar mereka mampu mengelola keuangannya secara lebih baik dan juga mampu meningkatkan pendapatannya agar tidak dihabiskan secara mudah pada berbagai hal yang sifatnya konsumtif, tapi digunakan investasi yang nilainya lebih produktif, seperti membuka usaha baru.

Belajar dari kasus miliarder Tuban,mari kita tingkatkan lagi literasi keuangan mulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Semoga kita bisa lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan.

Sumber:

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/26/055700878/kisah-kampung-miliarder-tuban-sempat-viral-karena-borong-mobil-baru-kini

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/literasi-keuangan-adalah/

#

Salam literasi

Ujungbatu, 26012022

Sumber foto: https://www.medcom.id/nasional/daerah/gNQeypON-menyesal-dan-demo-setelah-harta-habis-kades-di-kampung-miliarder-tuban-beri-penjelasan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya Allah..miris sekali ye kk..

27 Jan
Balas

Waspada perlu ya Bun

27 Jan
Balas

Mantap Bu dn semoga kita bisa mengelola keyangan dengan baik. Sukses ya Bu

27 Jan
Balas

Ulasannya keren banget dan sangat bermanfaat. Sukses selalu untuk Ibu

27 Jan
Balas

Literasi keuangan & pengendalian diri ya kak Ros...keren ulasannya

27 Jan
Balas

Ulasan yang inspiratif. . Itulah masyarakat kita. Banyak yang belum paham pengelolaan uang. Salam sukses, Kak Rose.

27 Jan
Balas

Astaghfirullah. Saya tak nyimak berita ini Bun. Sangat murus sekali. Salam sukses selalu buat Bunda.

27 Jan
Balas

Kebahagiaan sesaat ternyata literasi keuangan sangat penting untuk manajemen kehidupan kita sukses selalu

27 Jan
Balas

Kebahagiaan sesaat ternyata literasi keuangan sangat penting untuk manajemen kehidupan kita sukses selalu

27 Jan
Balas



search

New Post