Lestari Murnityastuti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PEMBELAJARAN DARING

Peristiwa merebaknya virus covid19 pada 2 tahun ini merubah tatanan disegala aspek kehidupan manusia, salah satu yang terkena dampak adalah di dunia pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka harus harus dihentikan untuk mencegah penyebaran virus tersebut di lingkungan sekolah. Namun, pendidikan harus tetap diupayakan secara maksimal. Untuk itu pemerintah mengupayakan berbagai alternatif pembelajaran di era pandemik ini, salah satu alternatifnya adalah dengan pembelajaran daring.

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet. Pada pembelajaran ini guru membimbing dan memberikan materi secara jarak jauh melalui bantuan alat komunikasi berupa handphone dan leptop yang tersambung dengan internet. Pembelajaran dengan model ini merupakan suatu hal yang baru bagi guru maupun siswa sehingga perlu pembiasaan baru. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan IT yang cukup agar memudahkan dalam menyampaikan pembelajaran. Tetapi karena pembiasaan ini belum terbiasa bagi guru maka banyak ditemukan guru menyampaikan materi pembelajaran hanya dengan “teks word”. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi terutama bagi siswa di kelas rendah yang masih belum lancar membaca, sehingga menyebabkan prestasi belajar kurang maksimal.

Perubahan sistem pendidikan yang disebabkan oleh pandemic Covid-19 mengharuskan para guru untuk melakukan transformasi media pembelajaran online agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada di rumah. System pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat Personil Computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama namun tempat yang berbeda melalui WhatsApp Group, Google class room, Ruang Guru, Zoom Meeting maupun Webmeeting ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Pendidik juga dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik. Namun pada kenyataanya belum semua siswa dan orangtua mempunyai gadget bahkan yang sudah mempunyai gadget namun belum pandai mengoperasikan melia online yang ada, selain itu juga tidak semua orang tua siswa yang mampu untuk membeli kuota internet dan juga terkendala jaringan internet yang tidak stabil.

Adapun kelebihan dan kekurangan diantaranya yaitu:

a.Kelebihan

1.Waktu belajar lebih singkat. Dengan adanya perubahan media pembelajaran, siswa dapat Mengakses Vidio tatap muka dari rumah dan tentunya tetap diawasi oleh orang tua mereka, sehingga waktu pembelajaran lebih singkat daripada pembelajaran yang dilakukan seperti biasanya.

2.Lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan potensi diri dan minat mereka. Dikarenakan dengan adanya penggunaan media belajar online waktu pembelajaran yang dilakukan lebih singkat sehingga siswa mampu mengembangkan kemampuan mereka. Seperti membaca, menulis, dan juga lainnya.

b.Kekurangan

1.Menghabiskan banyak kuota/data. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan media pembelajaran secara online menghabiskan banyak kuota dikarenakan siswa diharuskan belajar dari rumah dan mengakses pembelajaran secara online. Materi- materi belajar yang diberikan secara online mampu menghabiskan banyak kuota para siswa dalam kegiatan belajar.

2.Kesulitan mengakses pembelajaran. Beberapa siswa sulit mengakses internet dikarenakan tidak semua siswa ataupun orang tua siswa mengerti menggunakan aplikasi yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga dapat menyulitkan siswa dalam proses pembelajaran serta tidak semua siswa tinggal dalam keadaan yang internetnya mendukung, akibatnya siswa harus mencari jaringan ke kota/ mencari tempat yang dapat mengakses internet dengan lancar agar bisa belajar.

3.Siswa diberikan tugas-tugas yang menumpuk. Walaupun siswa belajar dari rumah, tidak sedikit guru- guru memberikan tugas kepada mereka sehingga walaupun di rumah mereka harus tetap belajar dan mengerjakan tugas- tugas yang telah diberikan.

4.Interaksi secara langsung sulit dilakukan. Walaupun sudah menggunakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk bertatap muka, namun tetap berbeda dengan pertemuan secara langsung.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post